oleh

Menu Sahur: Sayur Urap Bumbu Kelapa Gurih Bikin Nagih

PortalMadura.Com – Jika selama bulan puasa Anda sudah bosan dengan menu sahur sayuran yang dimasak dengan cara dimasak bening atau tumis, sudah saatnya Anda memasak sayuran jadi sajian yang lebih sedap yakni sayur urap. Biasanya sayur urap ini disajikan bersama ayam panggang, ayam lodho, tongkol pedas atau bebek bakar.

Cara membuatnya sangat mudah dan bahan yang dibutuhkan juga mudah didapat, gunakan tauge, kacang panjang, dan sayuran hijau yang bisa Anda dapatkan di pasar. Soal rasa tak perlu diragukan lagi. Sayur urap dengan bumbu kelapa muda pedas gurih sangatlah nikmat dan bikin nagih cocok di sajikan di menu sahur Anda.

Berikut resep membuat sayur urap yang dilansir dari laman Merdeka.Com, Kamis (21/5/2020).

Bahan-bahan:
200 gram kelapa muda, parut
10 lonjor kacang panjang, potong 2 ruas jari
3 lembar kol atau kubis, iris tipis
2 genggam tauge atau kecambah
1 ikat bayam, pisahkan akar dan batang yang sudah tua

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
3 butir bawang merah
2 buah cabai merah besar
2 lembar daun jeruk
1 ruas jari kencur
garam secukupnya
gula pasir secukupnya

Cara membuat:
Langkah awal cuci kacang panjang, kol, bayam, dan tauge di bawah air mengalir dan tiriskan. Kukus kacang panjang, kol, dan bayam hingga matang dan rendam tauge di dalam air mendidih selama 10 detik agar tidak terlalu layu. kemudian tumis bumbu halus hingga setengah matang dan wangi, tambahkan sedikit air. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Terakhir masukan kelapa parut, aduk hingga bumbu rata dan masak hingga kadar airnya berkurang. Sayur urap siap di santap untuk sahur.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar