Menu Takjil : Resep Bubur Mutiara Legit Istimewa

Avatar of PortalMadura.com
Menu-Takjil-Resep-Bubur-Mutiara-Legit-Istimewa
Ilustrasi (Okezone.com)

PortalMadura.Com – Makanan manis biasanya menjadi menu pembuka di kala waktu berbuka puasa. Ada banyak olahan manis yang bisa dibuat, salah satunya bubur mutiara. Ya, kudapan ini lumayan banyak peminatnya sampai sekarang.

Bagaimana tidak, kuliner Nusantara ini memiliki cita rasa manis dan gurih. Apalagi jika didinginkan di dalam kulkas, dengan kondisi dingin itu akan membuat waktu berbuka Anda semakin nikmat. Cara bikinnya tidak sulit, dengan memanfaatkan bahan yang ada, Anda sudah bisa membuat bubur mutiara ini.

Ini dia resep dan cara membuat bubur mutiara yang bisa Anda coba di rumah sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (20/4/2021) dari laman idntimes.com:

Bahan-bahan

Sagu mutiara (250 gram)
Gula pasir (150 gram)
Garam (1/4 sdt)
Daun pandan (2 lembar)
Santan (350 ml)
Vanili bubuk (1/2 sdt)

Cara Membuat

Langkah pertama adalah didihkanlah terlebih dahulu air ke dalam panci. Perlu diingat bahwa airnya harus benar-benar mendidih ya. Hal ini agar nantinya butiran sagu di dalam mutiara tidak hancur. Setelah air mendidih, selanjutnya masukkan sagu mutiara tersebut dan rebus selama 5 menit.

Selanjutnya, masukkan gula pasir dan vanili bubuk ke dalam rebusan sagu mutiara. Lalu aduk sesekali agar sagu mutiaranya tidak lengket di dasar panci. Masak sampai sagu mutiaranya berubah warna menjadi lebih bening dan kenyal.

Setelah bubur mutiara telah jadi, langkah selanjutnya adalah membuat kuah santan. Langkahnya yaitu masak santan bersama dengan air sampai mendidih. Aduk perlahan dan terus menerus agar santan tidak pecah. Tambahkan garam dan daun pandan sampai mendidih. Lalu diamkan.

Setelah memasak kuah santan dan sagu mutiara, selanjutnya adalah mencampurnya. Siapkan wadah atau mangkuk, lalu masukan sagu mutiara ke dalamnya. Selanjutnya, siram sagu mutiara tersebut dengan kuah santan.

Terakhir, setelah mencampurkannya ke dalam mangkuk, maka bubur mutiara pun telah siap dihidangkan. Ada dua cara dalam menyajikan bubur mutiara ini, baik itu saat masih hangat atau bisa juga didinginkan ke dalam kulkas. Kedua cara tersebut sama-sama enak.

Nah itulah dan cara membuat bubur mutiara anti gagal. Menu ini untuk delapan porsi, jadi cocok untuk hidangan keluarga Anda. Membuat bubur mutiara ini cukup mudah bukan?. Tunggu apalagi, yuk persiapkan sekarang untuk menu berbuka puasa Anda. Selamat mencoba.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.