oleh

Menu Takjil: Resep Es Laksamana Mengamuk Khas Riau

PortalMadura.Com – Berbuka puasa di tengah musim yang cukup panas ini dengan minuman yang segar tentu menjadi pilihan banyak orang. Apalagi menggunakan buah-buahan yang disandingkan bersama es dan topping yang bermacam-macam akan semakin nikmat rasanya di tenggorokan.

Nah, sudah mempersiapkan menu takjil apa hari ini?. Jika Anda masih bingung, yuk bikin es laksamana mengamuk. Sudah pernah mencobanya?. Mendengarnya saja mungkin baru kali ini. Perlu Anda ketahui, minuman ini berasal dari Riau.

Namanya boleh garang, tapi minuman yang satu ini sangat menyegarkan dan enak. Penasaran dengan rasanya? Langsung saja intip resep dan cara membuatnya berikut seperti dilansir PortalMadura.Com, Minggu (18/4/2021) dari laman Merdeka.com:

Isian

2 buah mangga kweni matang
1 buah kelapa muda
1 sendok makan selasih
es batu secukupnya

Sirup Vanili

200 gram gula pasir
200 ml air
1/2 sendok teh vanili bubuk

Kuah Santan

700 ml santan cair
1/2 sendok teh garam
1 sendok teh gula
2 lembar daun pandan, simpulkan

Cara Membuat

Pertama, kupas mangga kweni dan potong-potong dadu, kemudian sisihkan terlebih dahulu. Keruk daging buah kelapa muda, lalu sisihkan juga.

Selanjutnya, rendam selasih dengan air panas sampai mengembang, lalu tiriskan. Masak santan hingga hangat, kemudian masukan pandan, garam, dan gula sambil diaduk-aduk agar tidak pecah. Jika sudah panas, segera matikan api.

Terakhir, letakkan mangga, kelapa muda, selasih, dan es batu secukupnya di wadah atau gelas. Tuang kuah, kemudian lanjutkan dengan sirup vanili. Sajikan es laksamana mengamuk dalam keadaan dingin. Selesai.

Bagaimana, mudah bukan?. Selamat mencoba untuk hidangan berbuka puasa Anda.

Komentar