oleh

Menu Takjil : Resep Es Timun Melon yang Melegakan Tenggorokan

PortalMadura.Com – Menyiapkan minuman untuk berbuka puasa biasanya membutuhkan banyak waktu, tidak sedikit beberapa orang yang kemudian malas membuat menu takjil yang terkesan ribet. Belum lagi jika masih harus menyajikan makanan.

Tapi tenang saja, ada rekomendasi minuman enak dan segar di tenggorokan yang praktis dalam membuatnya. Apa itu?. Ia adalah es timun lemon. Hanya membutuhkan waktu 20 menit saja, Anda sudah bisa menyajikan menu takjil ini untuk Anda dan keluarga.

Berikut cara membuat dan resep es timun melon yang dilansir Idntimes.com dari ala aplikasi memasak Yummy App.

Bahan-bahan yang Diperlukan

1/4 buah timun
250 ml air soda
100 ml sirup melon
1 buah lemon
1 sendok makan biji selasih
Es batu sesuai selera

Cara Membuat

Pertama, cuci timun dengan air mengalir sampai benar-benar bersih. Setelah itu, kupas bagian kulitnya dengan pisau. Barulah serut menggunakan parutan sampai daging timun habis, sisihkan dahulu.

Kemudian, siapkan gelas saji kering di atas meja. Masukan es batu sesuai selera ke dalamnya. Tuang sirup melon ke dalam gelas, pastikan tidak terlalu manis biar tetap nikmat. Sesuaikan dengan selera Anda.

Selanjutnya, tambahkan dua sendok makan timun yang telah diserut ke dalam gelas. Barulah masukan biji selasih ke dalamnya. Kalau Anda menggunakan wadah yang lebih besar, coba tambahkan timun dan selasihnya.

Terakhir, masukan air lemon ke dalamnya. Tuang air soda secara perlahan ke dalam gelas. Aduk semua bahan sampai merata. Cicipi dahulu biar rasanya sesuai selera. Kalau ingin lebih dingin bisa tambahkan es batu.

Selesai, itulah cara membuat es timun melon yang melegakan tenggorokan. Minuman ini bisa untuk enam sampai delapan orang dengan biaya sekitar Rp 40 ribu. Gimana, sudah ngiler duluan?. Selamat mencoba di rumah.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Idntimes.Com

Komentar