oleh

Menu Weekend: Resep Iga Penyet Sambal Tomat yang Super Pedas

PortalMadura.Com – Saat akhir pekan, biasanya menjadi momen yang tepat bikin suatu masakan lezat untuk keluarga di rumah. Ada berbagai hidangan lezat yang mungkin bisa Anda coba. Tapi menu apa yang cocok di weekend sekarang?.

Selain olahan ayam dan sejenisnya, masakan yang berbahan dasar daging seperti iga penyet bisa menjadi pilihan yang tepat untuk resep akhir pekan Anda. Apalagi dicocol bersama dengan sambal tomat yang pedas. Dijamin akan membuat akhir pekan Anda semakin hot dan menyenangkan.

Daripada penasaran, yuk simak langsung resep lengkapnya, seperti dilansir Okezone.com yang dikutip dari akun Instagram @sessykitchen berikut ini:

Iga Penyet

Bahan utama : 1 kg iga sapi

Bumbu halus :

5 bawang putih
5 bawang merah
1/2 sdt ketumbar
1 1/2 ruas jari lengkuas
1/2 sdt lada putih

Bumbu lain :

1 batang serai geprek
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 1/2 ruas jari jahe geprek
Garam secukupnya atau bisa pakai kaldu jamur
Air secukupnya

Cara Membuat :

Tumis bumbu halus bersama serai, daun jeruk, daun salam, dan jahe geprek hingga harum. Masukan daging iga sapi, aduk sampai rata. Lalu, tambahkan garam secukupnya dan air. Ungkep iga sapi hingga empuk serta tunggu air hingga menyusut.

Loading...

Jika sudah empuk, sisihkan. Kemudian, panaskan minyak untuk menggoreng iga. Goreng iga sapi hingga kecokelatan, angkat, tiriskan. Sajikan iga bersama dengan sambal dan lalapan. Biar resep akhir pekan Anda lebih sedap, jangan lupa membuat sambal tomat.

Baca Juga : Mantap! Resep Iga Goreng Penyet yang Bikin Ngiler

Sambal Tomat

Bahan A :

7 cabai rawit hijau
7 cabai keriting hijau
5 cabai rawit merah
5 cabai keriting merah
1 buah tomat merah

Bahan B :

Garam dan kaldu jamur
Gula pasir/gula merah juga boleh
2 sdm air jeruk limau

Cara Membuat :

Tumis bahan A hingga cukup layu. Kemudian, ulek bahan A, tambahkan garam dan gula, koreksi rasa. Jika dirasa sudah pas, tambahkan air perasan jeruk limau (coba 1 sdm dulu, jika sudah pas tidak usah ditambahkan jadi 2 sdm). Selesai dan sajikan di meja makan.

Anda sudah bisa menikmati iga penyet sambal tomat yang nikmat di akhir pekan bersama keluarga tercinta. Semoga suka dan selamat mencoba.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : okezone.com
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar