oleh

Menu Weekend: Resep Pempek Rebus Khas Bangka

PortalMadura.Com – Menikmati camilan di akhir pekan atau weekend bersama keluarga tercinta tentunya sangat menyenangkan. Apalagi makanannya itu adalah hasil buatan sendiri, sensasinya akan berbeda dari yang masih membeli.

Di antara menu camilan enak dan gurih yang sudah Anda makan, pernahkan mencoba pempek rebus khas Bangka?. Kali ini berbeda dari pempek Palembang, jika biasanya digoreng tapi pempek Bangka tidak. Melainkan cukup direbus dan dinikmati begitu saja dengan cuka merah. Rasanya itu sangat enak dan tidak amis.

Penasaran dengan rasanya?. Yuk ikuti beberapa langkah resep berikut ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (9/1/2021) dari laman Fimela.com.

Bahan

500 gr ikan tenggiri, haluskan
450 gr tepung tapioka
370 air es

Bumbu Bawang

5 siung bawang putih
3 sdt garam
1 sdt gula pasir

Cuka Merah

5 siung bawang putih
2 sdm gula merah, sisir
5 buah cabai rawit
3 buah cabai keriting
Garam dan gula pasir secukupnya

Cara Membuat

Pertama, campurkan ikan teggiri dengan bumbu bawang yang sudah dihaluskan. Tuang air es sedikit demi sedikit hingga tercampur rata. Masukan tepung tapioka, aduk rata sampai menjadi adonan padat dan bisa dipulung.

Selanjutnya, lapisi tangan dengan tepung tapioka, ambil adonan pempek secukupnya dan gulung memanjang seperti pempek lenjer. Lalu, rebus air dan rebus pempek hingga matang. Lakukan hingga adonan habis. Angkat dan tiriskan.

Setelah itu untuk cuka merah, blender halus bawang putih dan cabai. Rebus sedikit air, masukan bahan yang sudah diblender.
Masak hingga matang, masukan gula merah, gula pasir dan garam secukupnya.

Terakhir, jika sudah pas rasa dan kekentalannya, angkat. Pempek bangka tinggal dipotong-potong dan sajikan dengan cuka merah. Selesai, selamat mencoba di rumah bersama keluarga.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Fimela.Com

Komentar