oleh

Bosan Rambut Botak? 9 Cara Alami Ini Cepat Tumbuhkan Rambut

PortalMadura.Com – Banyak orang menginginkan rambut yang sehat dan bagus. Sebab, rambut yang demikian akan membuat mereka tampil lebih percaya diri di depan orang lain. Sayangnya, sebagian lainnya masih ada orang yang justru kesulitan menumbuhkan rambutnya.

Tidak heran, mereka melakukan berbagai cara agar mempunyai rambut seperti yang mereka inginkan. Bagaimana tidak, apabila yang rontok hanya sedikit mungkin tidak jadi masalah. Tapi saat jumlahnya lumayan banyak tentu akan tampak botak dan tidak bagus dilihat.

Selamat Ibadah Puasa

Kerontokan rambut yang dapat mengakibatkan kebotakan umumnya bersifat sementara dan merupakan cara tubuh untuk menyesuaikan diri akibat pengaruh faktor-faktor tersebut. Pertumbuhan rambut akan kembali normal seiring dengan proses pemulihan tubuh, biasanya dalam waktu 6 hingga 9 bulan.

Hal ini biasanya disebabkan oleh stres emosional dan stres fisik yang diterima oleh tubuh dari paparan radikal bebas polusi lingkungan. Rambut juga rentan akan rontok ketika Anda jatuh sakit (misalnya demam tinggi), setelah melahirkan, berhenti menggunakan pil KB, mengalami penurunan berat badan yang drastis, hingga pemulihan pasca operasi.

Selain itu, kesulitan untuk menerapkan cara menumbuhkan rambut juga dapat disebabkan banyak faktor seperti usia dan gaya hidup. Meskipun sejauh ini tidak ada metode instan sebagai cara menumbuhkan rambut dalam semalam, namun ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan rambut.

Cara menumbuhkan rambut botak dengan bahan alami bisa Anda coba dengan menggunakan beberapa stimulan yang berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Untuk mengetahui secara lebih rinci, berikut 9 cara menumbuhkan rambut dengan bahan alami yang dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (9/1/2021) dari Merdeka.com, yang dikutip dari Liputan6.com.

Stimulan Pada Kulit Kepala

Cara menumbuhkan rambut botak yang pertama dengan merangsang kulit kepala untuk menumbuhkan rambut secara cepat. Caranya adalah gunakan sikat lembut untuk merangsang kulit kepala pada pagi dan sore hari. Sikat sebanyak 50 kali dengan gerakan yang sama dari ujung ke akar.

Selanjutnya, Anda juga bisa gunakan jari tangan dengan memijat kulit kepala Anda untuk merangsang sirkulasi dan mengeluarkan kandungan racun dalam tubuh. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa memijiat kepala dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa.

Mengoleskan Minyak Esensial Pada Rambut

Sebuah studi yang dilakukan pada sekelompok pria berambut rontok membuktikan bahwa meneteskan minyak biji labu ke dalam sampo bisa meningkatkan ketebalan rambut hingga 40 persen.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan minyak biji labu dengan minyak jojoba untuk mendapatkan manfaat menumbuhkan rambut secara alami. Minyak esensial lainnya yang juga memiliki manfaat sebagai cara menumbuhkan rambut dengan cepat yaitu minyak rosemary dan peppermint.

Perlu diingat, hindari meneteskan minyak esensial ke kulit secara langsung. Anda wajib mengencerkan minyak esensial dengan minyak lain, umumnya minyak zaitun, untuk menghindari iritasi. Minyak lain yang bisa menjadi pilihan untuk digunakan bersamaan dengan minyak esensial yaitu minyak kelapa, minyak bunga matahari, dan minyak jarak.

Masker Telur

Telur dianggap sebagai bahan alami untuk menumbuhkan rambut yang botak, yaitu dengan cara dibuat menjadi masker rambut. Caranya, kocok telur utuh dan 1 sendok makan minyak zaitun sampai bercampur sempurna. Kemudian, oleskan campuran ini ke rambut.

Pastikan benar-benar menutupi rambut dengan campuran ini. Biarkan selama sekitar 20 menit. Setelah itu, bersihkan rambut dengan air dingin dan sampo. Bersihkan rambut dan biarkan hingga kering. Ulangi proses ini sekali atau dua kali seminggu.

Bawang Merah

Bawang merah mempunyai kandungan sulfur yang tinggi, yang menjadi stimulator alami. Selain itu, ia juga memiliki anti-bakteri yang membantu mengobati kebotakan.

Cara memanfaatkannya yaitu haluskan 1 siung bawang merah dan usapkan di daerah kebotakan secara teratur. Hal ini juga dapat digunakan sebagai agen pertumbuhan rambut alami.

Mengoleskan Minyak Zaitun

Minyak zaitun tinggi akan kandungan vitamin E. Cara menumbuhkan rambut dengan cepat yaitu mengolesi minyak zaitun di rambut dan kulit kepala. Dengan melakukan perawatan ini secara rutin, maka perlahan-lahan daerah di kepala yang botak akan mulai kembali ditumbuhi rambut.

Seledri

Ada kandungan vitamin A, B, serta mineral natrium dan kalsium yang mampu merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat di dalam seledri. Caranya, ambil beberapa helai daun seledri segar lalu bersihkan. Kemudian haluskan daun seledri dengan cara menumbuknya atau menggunakan blender dengan campuran sedikit air bersih.

Setelah halus, oleskan daun seledri ke rambut dan kulit kepala secara merata. Untuk menghindari kontaminasi kuman ataupun bakteri, lebih baik bersihkan rambut terlebih dahulu sebelum gunakan maskernya.

Diamkan selama 45 menit-1 jam agar vitamin dan mineral yang ada pada daun seledri dapat terserap dengan sempurna oleh kulit kepala dan rambut. Lalu bersihkan kembali rambut dengan air bersih dan tanpa menggunakan sampo.

Lidah Buaya

Cara menumbuhkan rambut botak dengan cepat menggunakan lidah buaya, yakni ambil gel yang ada pada daun lidah buaya. Kemudian oleskan gel lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala Anda. Diamkan selama 1 jam lalu bersihkan. Untuk hasil yang maksimal, oleskanlah gel tersebut pada malam hari saat mau tidur dan bersihkan pada keesokan harinya.

Jeruk Nipis

Cara memanfaatkan jeruk nipis untuk rambut botak yaitu ambillah beberapa tetes jeruk nipis dan campurkan dengan sedikit air bersih. Lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata, terutama pada daerah yang botak. Diamkan beberapa saat lalu bersihkan.

Minyak Kemiri

Minyak kemiri juga memiliki fungsi sebagai salah satu cara menumbuhkan rambut botak dengan cepat. Caranya, oleskan minyak kemiri secara rutin setiap hari sebelum tidur dan lihat bagaimana cepatnya pertumbuhan rambut Anda. Hal ini juga dapat dilakukan pada rambut bayi.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Merdeka.com

Komentar