Tak Berkategori  

Menurut Ilmuwan: Coba Cara Ini Jika Anda Susah Tidur

Susah Tidur
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Paling menyebalkan ketika susah untuk tidur. Bukan hanya bisa membuat kepala jadi pusing tapi tubuh pun juga ikut lelah dan lesu.

Nah, apakah Anda salah satu orang yang terbilang susah tidur?. Menurut para ilmuwan, ada cara cerdas menyiasatinya agar Anda kembali terlelap dengan mudah.

Sejumlah peneliti menemukan bahwa menulis “to do list” atau “daftar pekerjaan” sebelum tidur. Hal tersebut terbukti membantu orang tidur lebih cepat.

Dr Michael Scullin dan timnya di Baylor University di Texas mempelajari 57 orang dewasa berusia 19-30 tahun dan membaginya menjadi dua kelompok.

Peserta lalu diminta untuk tidur di laboratorium dan diberi tugas untuk menulis. Setengah dari mereka menulis hal-hal yang telah mereka selesaikan, sementara yang lain menulis daftar tugas yang harus mereka lakukan atau to do list.

Mereka yang menulis to do list tertidur setelah 16 menit mengerjakan tugasnya tersebut, sementara kelompok satunya tertidur setelah 25 menit.

Dalam jurnal Experimental Psychology, para periset mengatakan bahwa mengkhawatirkan tugas yang akan dilakukan merupakan kontributor penting yang membuat seseorang sulit tidur.

Penelitian itu mengungkap, semakin peserta menulis daftar tugas secara rinci, mereka akan semakin cepat tidur. Adapun tren sebaliknya berlaku saat peserta menulis tentang kegiatan yang mereka selesaikan.

Seorang profesor terkemuka dari University of California, Berkeley, mengatakan bahwa kurang tidur dapat memicu timbulnya sejumlah penyakit mematikan.

Profesor dari Centre for Human Sleep Science tersebut, Matthew Walker, mengatakan bahwa kurang tidur memengaruhi setiap aspek biologis manusia. Hal tersebut pun tersebar luas di masyarakat modern.

Namun, masalah tersebut tidak dianggap serius oleh banyak orang. Pasalnya, beberapa orang menganggap bahwa bisa tidur nyenyak pada malam hari menandakan bahwa orang tersebut malas.

Menurut Walker, kurang tidur berkaitan erat dengan kanker, diabetes, penyakit jantung, strok, alzheimer, obesitas, dan kesehatan mental. Singkatnya, kurang tidur membunuh Anda.

“Tidak ada orang-orang yang berusaha melakukan sesuatu akan hal itu (kurang tidur). Itu harus diubah, mulai dari tempat kerja dan komunitas, rumah, serta keluarga kita,” ujar Walker.

“Kurang tidur menghabiskan pemasukan Inggris lebih dari 30 miliar pound sterling atau sekitar 2 persen dari GDP. Saya bisa melipatgandakan anggaran NHS jika mereka mendorong supaya orang-orang bisa tidur cukup”.

Menurut Walker, hanya tidur empat hingga lima jam sehari akan menurunkan sel alami pembunuh kanker hingga 70 persen. Ia menambahkan, kurang tidur berkaitan erat dengan kanker usus, prostat, dan payudara. (Liputan6.com/Putri)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.