Mesin Mobil Susah Hidup? Mungkin Ini Penyebabnya

Rewriter: Putri KuzaifahRujukan: Liputan6.com
Mesin-Mobil-Susah-Hidup-Mungkin-Ini-Penyebabnya
Ilustrasi (Moladin)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Mau menghidupkan mobil tapi ternyata tidak bisa?. Kondisi itu pasti membuat kebanyakan orang kesal. Apalagi jika pemilik tidak paham tentang mesin dan bagaimana memperbaiki mobil. Kebingungan pun tidak bisa dihindari apabila sudah demikian.

Sekadar diketahui, pada dasarnya cara kerja starter mobil dengan menggunakan tenaga listrik dari aki mobil untuk menghidupkan dinamo starter. Sedangkan dinamo akan memutar poros engkol mesin. Tentunya, jika dinamo starter tidak berfungsi maka sangat menyulitkan.

Dilansir Liputan6.com yang mengutip dari laman resmi Daihatsu Indonesia, pertama coba ingat apakah Anda terlalu memaksakan dinamo bekerja?

Jika iya, maka itu bisa menjadi penyebab rusaknya starter. Sebab terlalu memaksa kerja dinamo padahal mesin tidak mau menyala, bisa membuat dinamo panas.

Baca Juga:  Jangan Abai, Ini Fungsi Voltmeter Pada Sepeda Motor yang Perlu Anda Tahu

Kondisi panas itu berpotensi membakar komponen-komponen lain pada mesinnya. Berilah waktu dinamo sampai dingin beberapa menit, kemudian coba kembali.

Hal lain yang bisa menjadi alasan dinamo starter tidak berfungsi adalah karena habisnya carbon brush pada bagian dinamo starter. Tanda-tandanya adalah, putaran dinamo yang melemah dan muncul suara-suara aneh saat distarter.

Penyebab lainnya, mungin ada masalah pada bagian aki mobil. Masalah itu disebabkan oleh lemahnya suplai listrik dari aki ke bagian dinamo mobil. Ceklah bagian aki mobil secara berkala supaya hal-hal seperti itu tak terjadi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.