Meta Melakukan PHK Jilid Ketiga: Segini Jumlah Karyawan yang di PHK

Avatar of PortalMadura.com
Meta Melakukan PHK Jilid Ketiga: Segini Jumlah Karyawan yang di PHK
Meta Melakukan PHK Jilid Ketiga: Segini Jumlah Karyawan yang di PHK

PortalMadura.com- , perusahaan induk Facebook dan Instagram, memulai lagi putaran ketiga pemutusan hubungan kerja () pada Rabu pekan ini. Kabarnya, putaran ini akan menjadi yang terakhir, dan kali ini mereka akan memangkas sejumlah karyawan. Menurut laporan dari NYPost & Vox pada Sabtu (27/5), sekitar 5.100 pegawai terkena dampak PHK ini.

Meskipun masih ada perbedaan informasi mengenai jumlah karyawan yang akan dirumahkan. Beberapa sumber menyebut bahwa dalam putaran ketiga ini, sekitar 10.000 karyawan akan dibebastugaskan.

Sebagai informasi, awal tahun 2023, Meta menjadi perusahaan teknologi pertama yang mengumumkan putaran PHK massal kedua, setelah memecat lebih dari 11.000 karyawan pada musim gugur.

Dengan adanya pemangkasan ini, tentu saja jumlah karyawan Meta akan berkurang secara drastis. Hal ini disebabkan oleh perekrutan besar-besaran yang dilakukan oleh pada tahun 2020, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan jumlah tenaga kerja.

Pada saat itu, Zuckerberg optimis akan terjadi pertumbuhan ekonomi. Sayangnya, harapan tersebut pupus di tengah jalan. Oleh karena itu, langkah efisiensi, termasuk pemangkasan karyawan, harus dilakukan.

Banyak pegawai yang terdampak oleh kebijakan ini, termasuk mereka yang bekerja di bidang pemasaran, perekrutan, teknik, dan komunikasi perusahaan. Mereka telah mengumumkan di akun LinkedIn mereka bahwa mereka tidak lagi bekerja di Meta.

Terlepas dari itu, dampak dari PHK ini menyebabkan saham Meta mengalami penurunan sebesar 0,2 persen. Banyak faktor yang menyebabkan penurunan saham, termasuk situasi pasar yang secara umum tidak menguntungkan.

“Kami mengucapkan selamat tinggal kepada banyak individu yang berbakat dan telah menjadi bagian dari perusahaan ini. Kami sadar bahwa ini adalah periode yang sangat sulit. Harapan kami adalah memberikan stabilitas sebanyak mungkin untuk masa depan,” kata Zuckerberg dalam sambutannya ketika mengumumkan PHK ketiga ini, yang diketahui dari sumber internal perusahaan.

Zuckerberg juga dengan terang-terangan menyatakan bahwa tahun 2023 akan menjadi tahun efisiensi. Ia ingin menciptakan struktur manajemen yang lebih agresif guna mendorong pertumbuhan perusahaan.

“Saya tetap yakin bahwa melambatnya perekrutan, meratakan struktur manajemen, meningkatkan persentase tenaga kerja yang berfokus pada teknologi, dan memprioritaskan proyek dengan lebih ketat akan meningkatkan kecepatan dan kualitas kerja,” ujarnya.

Dengan adanya kabar mengenai PHK Meta yang dikatakan sebagai putaran terakhir, setidaknya ada sekitar 21.000 pekerja

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.