Minat Nelayan Sumenep Minim Urus Kartu Asuransi

Minat Nelayan Sumenep Minim Urus Kartu Asuransi
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sumenep – Minat nelayan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sangat minim mengurus kartu asuransinelayan. Akibatnya, kalau terjadi kecelakaan laut tidak bisa mendapatkan santunan dari pemerintah sesuai aturan yang ada.

“Nelayan di Sumenep masih minim yang mengurus kartu asuransi,” kata kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep, Arif Rusdi, Kamis (16/2/2017).

Arif Rusdi menyampaikan, dari sekitar 40 ribu nelayan di Kabupaten ujung timur Pulau Madura ini, baru sekitar 8 ribu yang memiliki kartu asuransinelayan.

“Padahal kami sudah sering mensosialisasikan program kartu nelayan itu,” ucapnya.

Kendati demikian, pihaknya berjanji akan terus melakukan sosialisasi terkait pentingnya kartu asurani nelayan ini bagi para nelayan. Mengurus kartu asuransinelayan itu tidak sesulit yang dibayangkan.

Baca Juga:  Tantangan dan Peluang Pariwisata Sumenep

“Mengurus kartu asuransiitu sangat gampang, nelayan cukup menyetorkan kartu nelayan dan KTP saja,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menyatakan, fungsi kartu asuransinelayan itu, selain bantuan terhadap nelayan yang meninggal dunia akibat kecelakaan kerja, juga ada jaminan biaya pengobatan sakit.

“Asuransi nelayan itu sangat menguntungkan bagi nelayan, baik pada saat sakit maupun korban kecelakaan laut,” tegasnya.

Asuransi nelayan merupakan program Kementerian, Kelautan dan Perikanan RI. Program tersebut dinilai minim sosialisasi terhadap para nelayan, sehingga informasi tersebut tidak sampai kepada masyarakat nelayan. (Arifin/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.