oleh

Minum Air Mineral Langsung Setelah Menenggak Susu, Amankah?

PortalMadura.Com – Susu dikenal sebagai minuman yang kaya akan kandungan kalsium dan zat besi. Selain itu, susu juga mempunyai mineral penting dan vitamin-B yang bisa membuat tubuh lebih berenergi dan tulang menjadi kuat.

Namun di balik khasiat susu bagi kesehatan tubuh, pernahkah Anda mendengar bahwa minum air mineral langsung setelah minum susu tidak baik dilakukan?. Jika iya, apakah hal tersebut memang sesuatu yang buruk ataukah hanya sekadar mitos belaka?.

Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan berikut ini:

Menjawab pertanyaan di atas, sebagaimana diwarta Ndtv, Kamis, (29/3/2018) disebutkan bahwa sejauh ini tidak ada studi ilmiah atau sebuah penelitian yang dilakukan tentang kebiasaan mana yang aman dan mana yang berbahaya.

Namun, memang sejumlah besar orang mengeluh sakit perut atau merasa gelisah dan berat jika minum air setelah minum susu. Di mana situasi ini dikatakan lebih lanjut kemungkinan karena fakta bahwa minum air setelah susu bisa memperlambat proses metabolisme protein susu itu sendiri sehingga membuat asam lambung.

Ini terjadi karena asam lambung lebih banyak diproduksi untuk menyerap dan mencerna jumlah susu yang sama, sebab air telah mencairkan cairan di sistem pencernaan, yang diketahui situasi ini bisa jadi sesuatu yang buruk bagi orang-orang yang memiliki perut sensitif.

Penerapan pengertian yang sama juga diaplikasikan kepada situasi, kenapa meminum air langsung setelah selesai makan dapat membuat perut terasa berat dan kembung.

Akan tetapi, sejauh ini dikatakan tidak ada yang membuktikan efek jangka panjang atau efek berbahaya dari langsung meminum segelas air setelah meminum susu, pada dasarnya bahwa susu kebanyakan terbuat dari air, dengan tambahan lemak dan protein di dalamnya. Jadi, tidak ada salahnya minum air setelah itu.

Namun, jika Anda adalah seseorang yang memiliki riwayat masalah pencernaan, yang terbaik ialah memang berkonsultasi dengan dokter yang terpercaya untuk mencari tahu apakah tubuh bisa menerima dengan baik jika minum air mineral langsung sesaat usai meminum susu. (okezone.com/Putri)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.