oleh

Mobil Water Cannon & Damkar Semprot Disinfektan di Jalan Protokol Bangkalan

PortalMadura.Com, Bangkalan – Puluhan ribu liter cairan disinfektan disemprotkan ke seluruh jalan protokol di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Selasa (31/3/2020).

Petugas Satgas Covid-19 Kabupaten Bangkalan menggunakan mobil water cannon dan dua unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) milik pemerintah daerah setempat.

Penyemprotan disinfektan dimulai dari depan Polres Bangkalan, Jalan Soekarno Hatta. Pada proses penyemprotan disinfektan ini diikuti oleh Forkopimda Bangkalan.

Kapolres Bangkalan, AKBP Rama Samtama Putra menyampaikan, penyemprotan disinfektan melibatkan 150 personel. “Ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona,” katanya.

Penyemprotan disinfektan serentak di jalan-jalan umum tersebut merupakan instruksi langsung dari Kapolri, Jenderal Polisi Idham Azis.

Perintah tersebut tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/1008/III/KES.7./2020 tertanggal 27 Maret 2020 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono mewakili Kapolri.

Surat telegram terbit dalam rangka mendukung keselamatan masyarakat sehingga diperlukan gerakan preventif secara masif dan serentak untuk meminimalisasi penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Langkah penyemprotan disinfektan menindaklanjuti Maklumat Kapolri tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid 19) dan Telegram Kapolri bernomor ST/868/III/KEP./2020 tentang Antisipasi Perkembangan Pandemik Virus Corona.

Upaya lain dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, pihaknya meminta agar masyarakat mematuhi himbauan pemerintah maupun dari pihak kepolisian agar tetap di rumah dan menghindari kerumunan.

“Malam hari, kami terus melakukan razia dengan cara membubarkan warga yang nongkrong di warung maupun di sejumlah kafe atau tempat umum lainnya,” tandasnya.(*)

Penulis : Imron
Editor : Rena RH
Tirto.ID
Loading...

Komentar