Moms, Begini 6 Cara Latih Si Kecil yang Telat Bicara

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Begini 6 Cara Latih Si Kecil yang Telat Bicara
ilustrasi

PortalMadura.Com – Semua orang tua pasti merasa gemas saat mendengar si kecil berbicara ngoceh-ngoceh sendiri dengan bahasanya. Biasanya, balita yang masuk usia dua tahun sudah bisa menggunakan beberapa kata.

Selain itu, si kecil juga sudah harus bisa mengikuti petunjuk singkat, mampu berkomunikasi dengan beberapa kata tunggal, bahasa isyarat, dan bahasa tubuh. Namun, apabila sampai usia 2,5 tahun lebih dari 50 persen kata-katanya tidak bisa dimengerti, sebaiknya anak dibawa ke dokter atau psikolog. Hal itu disampaikan oleh DR.dr.Taufik Jamaan, SpOG dalam bukunya “Amazing Kids Guide to Healthy Child Development“.

“Telat bicara berarti pusat bicara yang ada di otak belum matang atau ada gangguan perkembangan otak yang disebabkan afasia atau difasia. Bisa juga karena susunan alat bicaranya yang tidak sesuai, masalah sistem pendengaran, atau gangguan perkembangan mental,” ujarnya.

Maka dari itu, orang tua perlu bekerja sama dengan lingkungan sosial si kecil untuk membangun sebuah kebiasaan baru yang memancingnya berbicara.

Adapun tips mudah melatih anak berceloteh, seperti berikut ini:

1. Ajak anak ngobrol. Meski dia belum mengerti, kata-kata itu akan diingatnya dan suatu saat diekspresikan. “Lakukan dalam suasana menyenangkan agar lebih mudah dimengerti,” saran dr.Taufik.

2. Tatap mata anak ketika bicara.

3. Perbaiki kata-katanya yang terdengar tidak jelas tetapi Anda mengerti apa yang coba diucapkannya.

4. Ucapkan nama benda yang digunakan sehari-hari secara berulang dan minta ia mengikutinya.

5. Jika anak hanya mengucapkan satu kata dalam satu kalimat padahal seharusnya anak bisa mengucap dua hingga tiga kata, minta dia mendengarkan dengan benar.

6. Untuk melatih otot bicara, lakukan kegiatan berikut: Tiup balon sampai besar, lalu tiup gumpalan tissue dari ujung meja ke ujung lainnya. Selain itu, tiup lilin, main seruling/terompet, minum dengan sedotan kecil atau berkelok-kelok, dan teriakkan ‘A-I-U-E-O’.

(vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.