Moms, Begini Cara Bantu Anak Hadapi Tantangan Dunia

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Begini Cara Bantu Anak Hadapi Tantangan Dunia
Ilustrasi (Orami)

PortalMadura.Com – Kemajuan teknologi dan inovasi dari berbagai bidang khususnya bagian ekonomi menuntut perubahan besar dari orang tua dalam mendidik anak.

Tidak hanya agar anak tumbuh sehat, tapi juga tentang bagaimana anak perlu mempunyai kemampuan dan karakter baik sehingga bisa beradaptasi dalam berbagai keadaan, bahkan .

Para ahli menyebutkan bahwa saat ini kita hidup dalam VUCA World, yaitu dunia yang selalu bergerak (volatile), tidak pasti (uncertain), kompleks (complex), dan ambigu (ambiguous), sehingga sistem edukasi saja tidak mampu mengimbangi perubahan yang ada. Seorang anak butuh mengejar perubahan dengan kecerdasan emosional, kemampuan formulasi masalah, empati hingga kegigihan untuk mampu menghadapi tantangan yang akan terjadi.

Psikologi dan pakar parenting Ajeng Raviando mengatakan, perubahan kondisi yang begitu cepat memerlukan kesiapan dari ibu dan si kecil agar siap menghadapi tantangan. Ibu yang siap akan menghasilkan generasi yang siap pula, sehingga penting untuk ibu mempersiapkan kebutuhan nutrisi dan stimulasi positif sedini mungkin untuk memastikan kualitas pertumbuhan dan perkembangan potensi anak yang maksimal. Usia 1-6 tahun merupakan periode penting dalam mempersiapkan anak untuk masa depan yang terus berubah.

“Dalam membangun kesiapan anak, peran seorang mama sangat penting untuk mempersiapkan karakter anak yang pantang menyerah. Anak perlu memiliki karakter yang harus dibangun sejak kecil, yaitu adaptif, mandiri, berani, gigih, dan banyak akal,” ujar Ajeng.

Selain itu, mendukung kesiapan ibu dalam mempersiapkan buah hati bisa dengan banyak cara. Bidan sekaligus doula bersertifikat Jamilatus Sa'diyah mengatakan, salah satu cara yang efektif untuk mendukung ibu adalah dengan menanamkan pemikiran positif dalam menghadapi tantangan kehamilan agar ibu dapat menjalani kehamilan dengan tenang tanpa perlu mengkhawatirkan banyak hal.

Baca Juga: 4 Tantangan Ibu Zaman Now yang Bikin Panik, Apa Saja?

“Teruslah berpikir positif, yakinlah bahwa ibu bisa menjalani proses kehamilan ini dengan lancar, dan lakukan kegiatan yang menyenangkan agar calon buah hati juga ikut merasakan ketenangan dan keyakinan yang ibu rasakan,” kata Bidan Jamilatus. (viva.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.