oleh

Moms, Begini Cara Latih Anak Percaya Diri yang Menyenangkan

PortalMadura.Com – Memiliki anak yang tumbuh dengan percaya diri merupakan impian semua orang tua. Namun hal tersebut tidaklah mudah mengingat sifat dari setiap anak yang berbeda. Salah satunya memiliki sifat yang pemalu.

Bila anak dibiarkan memiliki sifat selalu malu, rendah diri dan merasa tidak punya keberanian, maka akan sangat berdampak buruk pada perkembangan psikologisnya.

Sekarang Mom tak perlu khawatir, Berikut cara melatih anak yang menyenangkan untuk membangun rasa percaya dirinya.

Moms bisa lakukan aktivitas seru ini bersama untuk membangun rasa percaya diri si kecil. Yaitu membuat daftar kekurangan dan kelebihan. Cara ini dirasa pas untuk anak-anak usia Sekolah Dasar (SD). Sebab, di usia tersebut level kepercayaan diri anak sangat penting untuk menghadapi tekanan dari teman sebayanya.

Loading...

Caranya, Mom bersama si kecil siapkan kertas, pulpen, pensil warna, gunting, majalah/ koran bekas dan lem. Gunting kata-kata sifat dari majalah, seperti ‘perhatian’, ‘baik’, ‘pendengar’, ‘tepat waktu’, ‘telat’, ‘tak disiplin’, ‘pemarah’ dan masih banyak lagi.

Gunting kata sifat yang beragam baik yang positif maupun negatif sebanyak mungkin. Lalu mintalah buah hati untuk mendeskripsikan dirinya lewat kertas, baik dari hal positif maupun negatif.

Setelah itu mintalah ia fokus pada gambaran positif dari dirinya. Lalu cari kata-kata yang sesuai dengan dirinya dalam guntingan bekas koran/majalah. Tempel kata sifat yang positif tersebut pada kertas dan juga tempel foto buah hati.

Taruh foto anak di tengah dan tempel sifat positifnya di sekitar foto. Buatlah dalam karton besar dan tempel di kamarnya. Cara ini bisa membangkitkan kepercayaan diri dan memotivasinya untuk selalu mengembangkan kelebihan yang dimiliki.

Itulah cara menyenangkan melatih anak untuk percaya diri. Semoga bermanfaat. (liputan6.com/Nanik)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar