oleh

Moms, Hindari 3 Hal Ini Saat Anak Mulai Sekolah

PortalMadura.Com – Setiap orang tua pasti menginginkan tumbuh kembang anaknya dengan baik. Karena itu tak jarang mereka menyekolahkan anaknya sedari kecil. Selain untuk melatih fungsi motoriknya juga untuk bisa bersosialisasi dengan teman sebayanya di sekolah.

Biasanya mereka memasukkan anak mereka pada tingkatan Kelompok Bermain (KB) atau Taman Kanak-kanak (TK). Nah Moms, agar anak-anak menikmati rutinitas barunya, dan tak menjadi trauma sebaiknya hindari hal-hal berikut.

Fokus pada Hal Negatif
Sebagai orang tua tentu sangat senang saat mengantarkan si kecil ke sekolah, tapi belum tentu respons si anak sama bahkan sebaliknya. Menangis dan ingin pulang tak ingin berada di sekolah apalagi harus berpisah dengan ibunya merupakan suatu hal yang wajar mengingat usia mereka masih dini.

Nemun, saat kembali ke rumah lebih baik jangan membahas sikap anak yang menangis dan merengek minta pulang. Ceritakan keseruan aktivitas di sekolah, seperti main bola, jungkat jungkit, membuat kapal kertas dan masih banyak lagi. Hindari memfokuskan pada hal negatif.

Terlalu Mengontrol
Insting orang tua memang ingin memegang kontrol pada anaknya, apalagi di lingkungan baru. Mulai sekarang, cobalah untuk menguranginya. Biarkan anak di sekolah, main sesukanya atau mungkin dia hanya ingin duduk diam memperhatikan. Tak perlu menyuruhnya untuk melakukan sesuatu. Anak-anak butuh adaptasi yang lebih lama dan orang tua penting untuk lebih sabar dari biasanya.

Membandingkan dengan Anak Lain
Hal ini boleh dibilang paling menyebalkan. Bukan hanya bagi anak-anak tapi juga orang dewasa. Karena itu, hindari membandingkan buah hati dengan teman-temannya lebih mudah beradaptasi di sekolah. Ingat, setiap anak memiliki kemampuan adaptasi serta kelebihan yang berbeda.

Itulah Moms hal perlu Anda hindari ketika anak mulai memasuki masa sekolah. Semoga informasi di atas menginspirasi ya. (dream.co.id/Nanik)



Dapatkan Aplikasi PortalMadura.com

aplikasi portal madura
Loading...
Loading...