Moms, Ingin Bayi Anda Cerdas? Lakukan 8 Kebiasaan Sederhana Ini

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Ingin Bayi Anda Cerdas? Lakukan 8 Kebiasaan Sederhana Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memiliki buah hati tentu menjadi kebahagiaan tersendirir bagi pasangan suami istri. Sebagai orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Berbagai cara dilakukan orang tua agar anaknya menjadi orang yang cerdas dan sukses.

Siapapun akan merasa bangga bila mempunyai anak yang cerdas. Bisa dibilang, punya anak yang cerdas memang impian semua orang tua. Melihat buah hati sendiri yang begitu cerdas sejak kecil selalu jadi hal membahagiakan. Lalu, sadarkah Anda bila ingin membuat anak cerdas bisa dilakukan dengan cara sederhana yang dilakukan sehari-hari?.

Berikut delapan cara sederhana yang bisa membuat anak menjadi cerdas:

Diberi Asupan ASI yang Cukup
Air Susu Ibu (ASI) memang bukan hanya sekadar asupan. Tapi, banyak khasiat yang terkandung, khususnya untuk kecerdasan anak. Sebab, ASI merupakan asupan terbaik bagi bayi. Kandungannya yang bermanfaat bagi kesehatan, pertumbuhan, dan kecerdasan tidak ada yang mengalahkan.

Oleh karena itu, pemberian ASI eksklusif sangat dianjurkan untuk keberlangsungan hidup bayi. Selain itu, terdapat penelitian yang menyatakan bahwa anak-anak yang diberi ASI eksklusif memang terbukti memiliki hasil tes lebih baik dibanding yang tidak.

Kontak Mata dengan Anak harus Dilakukan
Hal ini agar anak paham ekspresi wajah ibu. Siapa sih yang tidak senang melihat wajah anak?. Raut muka polosnya tentu bikin Anda gregetan setiap saat. Nah, ketika sedang bermain jangan sungkan Anda tatap matanya supaya konsentrasi dan kepekaannya terlatih.

Anak jadi bisa mengerti berbagai ekspresi wajah dan tentunya paham apa yang orang lain maksud nanti dari wajah.

Walau belum bisa Ngomong, Mengajak Bicara dan Bernyanyi pada Bayi itu Perlu agar Anak jadi Aktif dan Menyenangkan
Satu hal yang pasti adalah sebisa mungkin ajak si bayi mengobrol. Meski dia belum bisa ngomong, hal itu tidak masalah karena semakin diajak berbicara, kosa kata yang tersimpan dalam memori otaknya bertambah.

Lambat laun pun dia mengerti dan akan merespons kata-kata Anda. Apalagi kalau sering diajak bernyanyi juga, cara komunikasi Anda dengan si kecil makin menyenangkan. Si bayi tentu saja jadi bersemangat mendengar kata-kata maupun lantunan lirik lagu yang Anda nyanyikan.

Meladeni Anak Bermain Sambil Buat Tantangan Sederhana
Misalnya, menyuruh anak melewati rintangan bantal-bantal atau main petak umpet. Untuk itu, buatlah tantangan untuknya melalui permainan. Dengan begitu, kepekaan dan daya berpikirnya akan terlatih. Anda mungkin bakal lelah saat meladeni anak bayi bermain, yakni capek diucapan dan juga tingkah laku. Tapi, percayalah kalau sering bermain bersamanya akan membuat dia jadi cerdas.

Mengeksplor Tempat Baru, Seperti Pergi ke Luar Rumah
Dengan cara ini, anak akan mengenal berbagai hewan (kucing, ayam, burung) dan kendaraan. Selain itu, Anda harus menghilangkan rasa malas anak untuk ke luar rumah. Karena anak-anak sejak bayi perlu mengenal tempat baru yang tidak selalu di dalam rumah.

Sederhananya, Anda bisa mengajak bayi ke halaman atau jalanan depan rumah. Tapi, bagusnya pilih waktu yang tidak terlalu ramai agar tidak banyak polusi udara yang terhirup. Maka dari itu, anak Anda nanti dapat mengenal hewan-hewan sekitar rumah dan beragam kendaraan yang hilir-mudik. Pengetahuannya jadi semakin kaya.

Kenalkan Bayi pada Foto-foto dengan Memberitahu Siapa Saja yang Ada di Foto
Menunjukkan foto-foto pada anak bayi akan membuat dia jadi pandai mengenal orang lain. Bayi jadi belajar bagaimana cara membedakan dan mengingat rupa orang. Tanpa disadari hal itu pun akan melatih daya ingatnya.

Bacakan Buku Sambil Menghitung Jumlah Gambar Orang yang Ada
Memang belum masanya belajar sungguhan, tapi tidak ada salahnya sejak dini Anda coba mengajari bayi berhitung. Caranya, yaitu Anda dapat bacakan buku bergambar, lalu gambar hewan atau orang-orang di sana Anda sebut jumlahnya. Lambat laun dia jadi paham sendiri cara menghitungnya.

Berikan Beberapa Tetes Air Dingin dan Panas (hangat), Berbagai Makanan (sesuai umur)
Untuk mengenalkan air dingin dan panas, Anda bisa mencobanya sejak dini. Misalnya saja memberikan air dingin dan panas beberapa tetes saja, atau Anda juga bisa memberikan beragam makanan (sesuai umur) agar dia mengerti perbedaan rasa. Semakin banyak yang Anda berikan, dia jadi makin banyak mengenal perbedaan yang dirasakan oleh indera pengecap.

Memiliki anak pintar memang diidam-idamkan setiap orang tua. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mempelajari cara membuat anak cerdas sejak dini. (hipwee.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.