Moms, Ini 3 Cara Ajarkan Kids Zaman Now Agar Tahu Sopan Santun

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Ini 3 Cara Ajarkan Kids Zaman Now Agar Tahu Sopan Santun
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Banyak sekali perbedaan antara anak zaman dulu dan sekarang. Mulai dari kelakuan, kepribadian, dan gaya hidup, semua jauh berbeda. Salah satu hal yang paling menonjol adalah karakter peduli terhadap sesama.

Hal ini tidak lepas dari peran orang tua yang ikut bertanggung jawab dengan pembentukan karakter anak. Sehingga sebagai orang tua harus mengetahui beberapa cara membesarkan anak agar punya moral dan jiwa yang peduli pada orang lain. Bagaimana caranya?.

Ini dia caranya:

Kembangkan Ikatan Keluarga Penuh Kasih
Satu hal yang penting menanamkan rasa sayang dan peduli pada orang lain adalah dengan menerapkannya sendiri di dalam keluarga. Ibu dan ayah yang penuh kasih, saling jaga dan saling peduli akan melatih emosi anak. Karena anak akan mencontoh apa yang dilakukan orang tua, maka sikap kasih sayang juga akan terpatri dan membentuk karakternya.

Menanamkan Standar Etika Sosial yang Tinggi
Jika Anda pikir anak-anak butuh punya etika yang baik terhadap sesama, orang yang lebih tua, punya dan tahu bagaimana bersikap di situasi apa pun, maka berikan kedisiplinan sikap itu sejak dini. Jangan berpikir ‘ih lucunya' atau ‘wajar, dia masih anak-anak' saat si kecil melakukan sikap menyakiti orang lain. Jika anak melakukan apa yang tidak seharusnya dilakukan pada orang yang lebih tua, maka ingatkan dan tunjukkan bagaimana seharusnya ia bersikap.

Biarkan Anak Mengenal Banyak Orang
Untuk melatih dan membangun karakternya, ajak anak untuk mengenal banyak orang. Mulai dari saudara dekat, tetangga, teman sekolah, penjual makanan dan bahkan staf sekolah. Penting bagi anak bisa mengenal secara luas tentang berbagai macam orang sehingga ia bisa melatih sense emosional dan moralnya.

Sebagai makhluk sosial, wajar jika seseorang membutuhkan orang lain dalam hidupnya, bahkan bisa dikatakan tidak bisa lepas dari bantuan orang lain. Jadi, jika tidak ingin anak Anda tumbuh seperti yang sepertinya lebih individual dan mementingkan diri sendiri dibanding mengasah etika sosialnya, terapkan tiga hal di atas ya Moms. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.