PortalMadura.com

Moms, Ini 3 Tips Pintar Agar Anak Anda Rutin Gosok Gigi

  • Minggu, 10 September 2017 | 07:00
Moms, Ini 3 Tips Pintar Agar Anak Anda Rutin Gosok Gigi
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Menggosok gigi secara teratur merupakan hal penting yang perlu dilakukan, bukan hanya pada orang dewasa tapi seorang anak juga perlu dilatih agar terbiasa. Sebab, kebiasaan sehat ini untuk menjaga pertumbuhan gigi permanennya nanti supaya tetap sehat dan rapi.

Akan tetapi, mengajak anak agar rutin melakukan aktivitas ini bukan perkara yang mudah. Kebanyakan dari mereka tidak langsung memahami pentingnya menggosok gigi. Tidak heran, banyak orang tua yang mengeluh dan membiarkan si kecil tidak gosok gigi.

Orang tua perlu bersabar mengajarkan anak menggosok gigi. Karena, ia masih butuh pengenalan dan pembelajaran. Tapi Anda tidak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa cara menyenangkan yang bisa dilakukan:

Ajari Lewat Dongeng atau Cara Bermain
Ajakan menggosok gigi bisa dilakukan dengan memasukan ke dalam cerita. Orang tua bisa menggunakan media boneka untuk mengajarkan cara menyikat gigi yang benar. Semakin interaktif dan atraktif, semakin mudah ajakan menggosok gigi ini dipahami anak.

Hari Jadi Sumenep

Menjadi Teladan Langsung
Orang tua perlu memberi contoh langsung menyikat gigi yang benar. Ajak anak menggosok gigi bersama dan periksa apakah cara mereka sudah benar.

Cara menyikat gigi yang benar yakni menggosok seluruh permukaan gigi baik depan maupun belakang, atas maupun bawah. Agar lebih menyenangkan, lakukan dengan bernyanyi diselingi petuah pentingnya menggosok gigi.

Biarkan Memilih Pasta Gigi dan Sikat Gigi Sendiri
Dengan membiarkan memilih pasta dan sikat gigi sendiri, anak akan lebih bersemangat merawat rongga mulutnya. Namun orang tua perlu memastikan sikat dan pasta gigi yang digunakan tepat untuk usia anak.

Shutterstock
Sikat gigi yang dipilih sebaiknya mempunyai ukuran yang tidak besar dan sesuai dengan mulut anak. Sedangkan pasta gigi, sebaiknya tanpa detergen dan tidak mengandung zat-zat yang berbahaya.

Jadi, ayo jaga kesehatan gigi buah hati Anda dengan rutin menggosok gigi. Apabila sigi susunya terawat, mulut anak akan tetap sehat bebas sariawan dan gigi berlubang. (dream.co.id/Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional