Moms, Ini 4 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Si Kecil

  • Bagikan
Anak mendengarkan musik
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mendengarkan musik ternyata memiliki banyak manfaat. Bukan hanya bagi orang dewasa, pada anak-anak pun demikian. Oleh karena itu, aktivitas ini bisa menjadi salah satu media yang tepat untuk mendidik anak.

Mengenalkan si kecil pada musik sangat baik untuk perkembangannya. Bukan tanpa sebab, karena dengan mendengarkan musik anak akan peka terhadap suara dan bisa membantu otak menjadi lebih responsif. Lantas, apa saja manfaat mendengarkan musik bagi si kecil?

Berikut ulasannya:

Meningkatkan Respon Sensorik
Seperti merasakan tekstur, mendengarkan musik juga dapat meningkatkan respon sensorik terhadap suara. Mendengarkan suara yang berbeda dapat membantu otak si kecil menjadi lebih responsif. Selain itu musik juga membantu si kecil untuk mengidentifikasi suara benda.

Meningkatkan Kemampuan Akademis
Saat si kecil beranjak besar, mereka akan mulai membaca lagu. Secara langsung hal ini akan melatih memori jangka pendek dan panjangnya untuk mengingat. Metode mengingat tersebut nantinya bisa mereka gunakan untuk mengingat juga banyak hal lain. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa di usia lebih besar anak yang bermain musik lebih memahami pelajaran fisika dasar.

Melatih Disiplin
Bermusik dan mendengarkan musik tidak hanya sekadar memainkan musik dan instrumen yang berbeda. Lebih dari itu bermusik dapat melatih disiplin dan kesabaran anak. Pasti ada perbedaan besar antara memainkan musik dengan lembut karena terlatih, dengan permainan yang terdengar kasar hanya karena bisa memainkan musik.

Memudahkan Belajar Angka dan Huruf
Musik membuat anak lebih mudah mengenal angka dan huruf. Masih ingat dengan lagu tentang huruf dan angka? Yup, ternyata musik yang menempel pada lagu ini memang sengaja diciptakan agar mudah diingat. Hmm, pantas belajar angka dan huruf begitu menyenangkan.

Mom, demikian 4 manfaat yang dapat diperoleh mendengarkan musik bagi si kecil. Jadi musik apa favorit si kecil? (vemale.com/Desy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.