Moms, Ini 4 Tips Menyimpan Ikan Segar Agar Tidak Mudah Busuk

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Ini 4 Tips Menyimpan Ikan Segar Agar Tidak Mudah Busuk
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ikan merupakan sumber protein yang rasanya enak dan cocok dijadikan lauk keseharian. Meski begitu, ikan termasuk bahan yang mudah busuk dan rusak, apalagi jika disimpan dengan cara yang salah. Jika Anda memiliki banyak stock ikan segar, maka Anda harus menyimpannya dengan cara yang tepat agar awet dan tidak mudah busuk.

Cara menyimpan ikan tidak melulu hanya didalam kulkas, karena dengan trik tertentu ikan bisa tetap enak dikonsumsi dan kandungan nutrisi serta teksturnya juga tetap utuh. Setiap kepasar tidak ingin beli ikan yang segar jadi cepat membusuk setelah pulang ke rumah, apalagi jika membeli ikan mentah dalam jumlah banyak.

Oleh karena itu, setiap orang perlu tahu tips yang benar menyimpan ikan di dalam kulkas, karena ternyata menyimpan di dalam kulkas juga tak bisa sembarangan.

Simpan dalam rendaman es batu
Jika sering melihat penjual ikan menyimpan ikan-ikan mentah mereka di dalam kotak sterofoam berisi es batu, hal itu dilakukan bukan tanpa alasan. Cara ini membantu menjaga kesegaran ikan. Terbiasa hidup di air dingin, akan membuat ikan cepat membusuk jika dibiarkan di suhu udara yang hangat.

Bersihkan dahulu dan keringkan
Sebelum disimpan, cuci bersih, buang sisik dan keluarkan perut ikan. Setelah dicuci bersih, ikan segar dikeringkan dengan tisu kertas, baru simpan di dalam wadah tertutup. Simpan dalam plastik satuan, jangan menumpuk ikan.

Di dalam freezer
Setelah dikemas dalam plastik satuan, masukkan ke dalam freezer untuk penyimpanan jangka panjang. Suhu dingin di dalam freezer akan menjaga kesegaran ikan hingga 3 bulan lebih. Tempelkan tanggal memasukkan ikan sehingga bisa memperkirakan berapa lama ikan sudah berada di freezer.

Jangan dimasukkan setelah dikeluarkan
Jika ikan beku telah dicarkan di suhu ruang, lebih baik tidak disimpan lagi dalam waktu lama di dalam kulkas karena dikhawatirkan akan menimbulkan kontaminasi bakteri dan membuat ikan membusuk. Segera olah jika sudah dikeluarkan.

Itu sekian tips menyimpan ikan segar agar bisa tahan lama dan tak mudah busuk. Yuk terapkan.(fimela.com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.