Moms, Ini 5 Cara Ajari Anak Untuk Hargai Uang

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Ini 5 Cara Ajari Anak Untuk Hargai Uang
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengolah keuangan sangatlah penting terutama untuk seorang ibu. Namun hal tersebut tentu tidaklah mudah tanpa adanya kebiasaan cerdas dari masa muda. Nah, tentu kebiasaan itu ingin Anda tularkan juga ke anak Anda bukan, agar tidak menjai pribadi yang boros di kemudian hari. Tentu, hal terseut tidaklah mudah, sebab langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah mengajarkan anak mengenai uang dan menghargainya. Tak perlu bingung Mom, berikut adalah langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan anak menghargai uang.

Jelaskan Secara Mudah Apa Arti Uang
Dengan mencontohkan mereka bagaimana menghabiskan uang yang tepat dan cara yang baik. Mom bisa mencontohkannya dengan mengajak mereka pergi ke pasar dan tunjukkan pada mereka cara menawar dan memilih barang yang sesuai dengan kebutuhan saja. Dengan begitu, anak akan bisa memahami uang bersama dengan melihat kebiasaan orangtuanya.

Bantu Mereka untuk Menyusun Rencana Tabungan
Misalnya Mom bisa menanyakan apa yang ingin si kecil inginkan, maka ia bisa menyisihkan uang untuk bisa membeli barang tersebut dengan tabungannya sendiri. Tentunya hal ini akan membuat paham tentang uang dengan seiring berjalannya waktu.

Jangan Selalu Memanjakan dan Menuruti Segala Permintaan Mereka
Sebaiknya ajarkan mereka untuk selalu bersyukur dengan segala yang dimilikinya termasuk uang. Dengan bersyukur ia akan lebih bisa menghargai diri sendiri dan orang lain.

Hargailah Mereka Saat Melakukan Kesalahan
Mungkin bisa saja ia curi-curi mengambil tabungannya untuk membeli permen. Namun, Mom juga harus selalu tetap mengawasinya dari jauh agar ia tidak sampai boros menghabiskan uangnya.

Diskusikan Kembali Pilihan Mereka
Mom bisa memberitahukannya bagaimana cara menghabiskan untuk kebutuhan maupun keinginannya. Si kecil tentunya akan bisa lebih belajar memahami uang dengan mengikuti saran dari orangtua mereka.

Itulah yang bisa Mom ajarkan untuk si kecil. Pastinya lakukan hal ini secara rutin namun perlahan ya. Semoga mengispirasi. (vemale.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.