Moms, Ini 7 Hal yang Bisa Anda Lakukan untuk Bangun Kedekatan Emosional Si Kecil

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Ini 7 Hal yang Bisa Anda Lakukan untuk Bangun Kedekatan Emosional Si Kecil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ketika menjadi seorang ibu sekaligus wanita karier tentu selalu dituntut untuk melakukan tugasnya semaksimal mungkin. Sayangnya, tidak jarang wanita karier mengorbankan waktunya untuk bekerja daripada mengurus si kecik di rumah.

Bahkan tanpa disadari, ibu yang seharusnya memberikan perhatian lebih kepada anaknya menjadi berkurang karena tidak memiliki banyak waktu untuk mereka. Padahal, kedekatan seorang ibu dengan anaknya sangatlah penting. Selain adanya kedekatan emosional, seorang anak juga butuh perhatian dan bimbingan dari para orang tuanya agar bisa tumbuh menjadi seorang anak yang berkepribadian baik.

Nah untuk para ibu yang jarang di rumah, meskipun sibuk sempatkanlah melakukan beberapa hal di bawah ini agar tetap bisa dekat dengan si kecil setiap hari.

Berikut ini uraiannya:

Seringlah Melakukan Kontak Fisik
Berikan waktu yang cukup untuk anak. Anda bisa meluangkan hari libur ataupun akhir pekan untuk bisa bermain bersama mereka. Duduk bersama dan memangku mereka adalah pilihan terbaik untuk mendengarkan mereka bercerita tentang kesehariannya. Sempatkan usap lembut kepala dan cium pipi mereka saat mereka tidur.

Berikan Perhatian Sekecil Apapun
Cobalah mulai mengurangi mengecek ataupun matikan smartphone saat bersama anak. Mereka benar-benar membutuhkan kehadiran dan perhatian saat ibu mereka di rumah. Para anak tidak membutuhkan barang yang mewah, namun hanya perlu perhatian kecil dari sang ibu.

Jadilah Orang yang Baik
Memang tiap ibu pasti sangat menyayangi anaknya, namun apalah arti menyayangi jika tidak dilakukan dengan rasa cinta dan kasih sayang. Pastinya seorang ibu selalu ingin dicintai para anaknya, bukan?. Maka jadilah orang tua sekaligus sahabat yang baik untuk mereka.

Gunakan Kata-kata yang Manis
Tidak hanya kontak fisik, namun kata-kata yang manis dari sang ibu juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Usahakan perhatikan setiap kata yang Anda ucapkan kepada sang anak agar mereka tahu perhatian Anda. Hindari kata-kata kasar dan menjatuhkan agar si kecil tidak minder dan menjadi kurang percaya diri.

Mendisiplinkan Mereka dengan Lemah Lembut
Sebagian besar orang tua menganggap bahwa membentak dan mengancam adalah hal yang efektif untuk mendisiplinkan mereka. Padahal hal itulah yang menjadikan orang tua tidak bisa dekat dan memahami anaknya. Mulai sekarang cobalah mendisiplinkan anak dengan cara yang lemah lembut namun tetap tegas dan menghindari kekerasan.

Tertawalah Bersama Mereka
Hubungan orang tua dan anak akan terlihat jika mereka sering terlihat tertawa bersama. Cobalah sesekali mengajak mereka bercanda. Jika merasa semua candaan tidak berhasil, cobalah menggelitik mereka!

Ajarkan Mereka untuk Selalu Berdoa Bersama
Ketika Anda mengajarkan doa bersama dengan anak, maka hal ini menunjukkan bahwa Anda mempercayakan segala masalah kepada Tuhan. Hal ini bisa mengajari mereka percaya kepada Tuhan dan memahami bahwa Tuhan juga mencintai mereka. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.