Moms, Ini Cara Pilih Buku yang Tepat Sesuai Umur Si Kecil

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Ini Cara Pilih Buku yang Tepat Sesuai Umur Si Kecil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Tanggung jawab orang tua pada anak tidak hanya dengan merawat, mendidik, dan memberi pengawasan. Namun, memilihkan buku yang tepat sebagai bacaan si kecil juga tidak boleh luput dari perhatian.

Sebab, dengan mulai mengenalkan buku sejak dini kepada anak-anak bisa merangsang si kecil agar gemar membaca kelak. Menanggapi hal ini, ketua Komunitas Pembaca, Goodsread Indonesia, Rahmat Hanif, memberi cara memperkenalkan anak kepada buku yang tepat sesuai usianya.

Baca Juga: Ini Wajah Diduga Pencuri Motor dan Penadah Lintas Kecamatan di Sumenep

Nah, berikut ini tiga cara memilih buku yang tepat sesuai :

0-4 Tahun
Pada usia ini, anak-anak sudah mulai dikenalkan pada buku. Mulai dari buku yang menampilkan gambar-gambar tokoh atau jenis permainan anak. Biarkan anak-anak melihat gambar di buku itu. Di fase ini orang tua harus lebih aktif menerangkan isi gambar yang ada di buku tersebut.

5-9 Tahun
Pada usia ini mulai berikan anak-anak buku cerita, komik, atau dongeng. Sebab di jenis buku ini, sudah banyak berisi tulisan yang seimbang dengan gambar. Pada usia ini pun si kecil sudah bisa membaca sendiri. Jadi peran orang tua tidak terlalu banyak tetapi tetap harus dipantau.

9 Tahun-Remaja
Di usia ini anak-anak sudah mulai bisa membaca buku yang hanya berisi tulisan semua. Seperti novel remaja, buku sejarah, dan beragam jenis buku lainnya sesuai usia mereka. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.