oleh

Moms, Ini Waktu Tidur yang Ideal Bagi Anak Anda

PortalMadura.Com – Biasanya bayi yang baru lahir hingga balita memiliki waktu tidur lebih panjang dibanding orang dewasa. Namun, tahukah Anda berapa lama waktu tidur optimal yang dibutuhkan balita?.

Sebagaimana American Academy of Sleep Medicine (AASM) membagi waktu tidur anak menjadi dua kelompok, yaitu anak-anak (bayi hingga usia 12 tahun) dan remaja (usia 13-18 tahun). Peneliti meninjau tentang tidur dan mencari tahu hubungan antara lama waktu tidur dan kesehatan anak-anak.

Hasilnya, anak-anak yang tidur dalam waktu yang disarankan memiliki perilaku yang lebih baik, dan mengalami lebih sedikit masalah belajar. Bukan hanya itu, peneliti juga menemukan bahwa cukup tidur bisa mengurangi risiko usaha menyakiti diri sendiri seperti bunuh dini dan mengalami penyakit mental lainnya.

Selain itu, penelitian terbaru yang diterbitkan dalam “Journal of Clinical Sleep Medicine” mengungkapkan, bahwa waktu optimal yang disarankan bagi anak-anak untuk tidur adalah sebagai berikut:

1. Bayi berusia 4-12 bulan: 12-16 jam per 24 jam (termasuk tidur siang)

2. Balita berusia 1-2 tahun: 11-14 jam per 24 jam (termasuk tidur siang)

3. Anak-anak berusia 3-5 tahun: 10-13 jam per 24 jam (termasuk tidur siang)

4. Anak-anak berusia 6-12 tahun: 9-12 jam per 24 jam

5. Remaja berusia 13-18 tahun: 8-10 jam per 24 jam

Itulah pedoman yang bisa orang tua terapkan untuk melihat waktu tidur yang cukup dan ideal bagi anak-anaknya. (vemale.com/Salimah)



Komentar