Moms, Jadilah Role Model Terbaik untuk Bentuk Kepribadian Anak Sejak Dini

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Jadilah Role Model Terbaik untuk Bentuk Kepribadian Anak Sejak Dini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Anak merupakan karunia terbesar yang diberikan Tuhan kepada pasangan suami istri. Sebagai orang tua, Anda berkewajiban untuk menjaga dan mendidik mereka agar kelak memiliki kepribadian yang baik.

Maka dari itu, orang tua memegang peranan yang sangat penting dalam pembentukan karakter anak. Terutama seorang ibu, ia adalah contoh () pertama yang dilihat oleh anak.

Mom, you are a role model, not a super model,” tutur psikolog anak, Novita Tandry.

Selain itu, Novita menekankan, bahwa seorang ibu patut menjadi bagi anaknya. Ia harus memberikan contoh yang baik agar diikuti dan dijadikan suatu kebiasaan yang dibawa hingga dewasa.

“Kita tidak bisa mengajarkan apa yang tidak kita punya. Bila kita mengajarkan anak disiplin, ya kita harus disiplin,” ujarnya.

Menjadi role model bagi anak tidaklah sulit, salah satunya dengan memberikan contoh pada saat makan.

Novita menyarankan, agar membiasakan anak untuk makan bersama dengan seluruh anggota keluarga sejak kecil. Selain dapat membangun hubungan komunikasi yang lebih kuat, anak juga dapat mencontoh kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan orang tua saat sedang makan.

“Kalau ayah dan ibunya makan dengan mangkuk besar dan porsi besar, itu bisa diturunkan di keluarga dan diikuti oleh anaknya,” tambahnya.

Pada saat itulah fungsi dari diterapkannya contoh-contoh oleh orang tua dapat diserap dan diingat oleh anak. Apapun yang dilakukan oleh orang tua terutama ibu sebagai role model, pasti dijadikan suatu panutan.

Maka, jadilah role model yang baik dengan selalu melakukan hal-hal positif untuk membentuk pribadi anak yang baik pula. (detik.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.