Moms, Puting Payudara Anda Sering Sakit Setiap Menyusui Si Kecil? Lakukan 4 Langkah Ini

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Puting Payudara Anda Sering Sakit Setiap Menyusui Si Kecil? Lakukan 4 Langkah Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Payudara dan puting saat memasuki masa akan membesar karena memproduksi asi. Hal ini tentu menyebabkan ketidaknyamanan bahkan rasa saat si kecil menghisap payudara, khususnya bagi ibu baru.

Sebenarnya permasalahan ini wajar terjadi, tapi bukan berarti Anda tidak bisa menghilangkannya. Rasa sakit ini bisa dihilangkan. Karena, kenyamanan saat menyusui juga penting, dan Anda akan menyusui dalam waktu lama. Selain itu, kenyamanan menyusui bisa jadi faktor penting lancarnya air susu yang keluar.

Berikut empat cara yang bisa Anda lakukan agar puting payudara tidak sakit setiap menyusui si kecil:

Pastikan Bayi Menyusui dengan Benar
Salah satu kunci menyusui tanpa sakit adalah memastikan si kecil menghisap dengan benar. Ketika si kecil menyusu dengan benar, seluruh bagian puting akan masuk di dalam mulut dan bibirnya ada di bagian areola. Karena jika hanya puting yang digigit, ini yang menyebabkan sakit.

Temukan Posisi yang Nyaman
Gunakan bantal atau penyangga untuk menahan atau menggendong bayi dengan posisi nyaman dan tidak melelahkan untuk lengan Anda. Karena kemungkinan Anda menyusui dalam waktu lama, pastikan Anda dan si kecil dalam posisi nyaman.

Pijat Puting sebelum Menyusui
Pastikan Anda sudah ‘mempersiapkan' puting sebelum menyusui. Caranya adalah dengan memijat perlahan agar tidak terlalu kering atau kaku.

Melemaskan area puting dan membuatnya lembap bisa mempermudah dan mencegah rasa sakit saat menyusui.

Menyusui Setiap 2-3 Jam Sekali
Karena bayi yang baru lahir punya perut kecil, perutnya mudah penuh setelah menyusu beberapa saat. Tapi kebutuhannya banyak, jadi tidak jarang Anda akan menyusui setiap beberapa jam sekali.

Untuk menghindari rasa tidak nyaman karena payudara membesar dan asi tidak segera dikeluarkan, akan lebih baik jika membuat jadwal menyusui 2-3 jam sekali.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari rasa sakit saat menyusui si kecil. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.