Moms, Tips Mudah Ini Bisa Hilangkan Getah Nangka di Tangan

  • Bagikan
Cara Menghilangkan Getah Nangka dengan Cepat dan Mudah master 1149917095
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Nangka merupakan buah yang populer di kawasan Asia, termasuk Indonesia. Dengan ukuran yang besar dan isi daging buah melimpah, nangka sangat cocok diolah menjadi beragam makanan yang lezat seperti gudeg, tumisan, hingga es buah pelepas dahaga. Meski begitu, banyak orang enggan untuk mengolah buah tropis yang sekilas mirip dengan cempedak ini.

Salah satu penyebabnya adalah getah lengket yang banyak terdapat di sekeliling daging buah nangka. Buah yang satu ini memiliki aroma yang sangat menggugah selera. Buah nangka nikmat dikonsumsi saat sudah matang maupun belum. Saat masih muda, nangka bisa diolah jadi sayur atau tumisan.

Namun, mengolah nangka memiliki masalah tersendiri. Baik nangka muda maupun nangka tua memiliki getah yang sangat lengket. Ketika memotong nangka, getah akan menempel pada pisau dan talenan. Getah nangka sangat sulit dihilangkan, walaupun sudah direndam atau dicuci dengan air hangat. Getah ini kadang menempel di pisau atau alat makan lainnya.

Tips untuk menghilangkan getah pada nangka yang menempel pada pisau dan talenan itu sangat mudah loh! Pertama, taburi bagian pisau atau alat makan yang terkena getah dengan tepung kanji. Gosok-gosokan bagian yang sudah ditaburi tepung, dan getah pun akan terlepas. Setelah itu, segera cuci dengan air dan sabun cuci sampai bersih.

Kedua yang bisa dicoba adalah menggunakan minyak kelapa atau minyak sayur. Gosokkan minyak secara merata hingga getah terlepas. Kemudian, bilas dan cuci dengan air dan sabun cuci. Anda juga bisa memanfaatkan biji nangka. Sarung biji nangka mengandung air dan minyak. Remas sarung biji nangka sampai minyaknya keluar dan oleskan pada alat masak yang terkena getah.

Getah akan bisa terangkat dengan mudah. Tips ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan getah yang menempel pada tangan. Getah nangka pun tidak lagi menjadi masalah bagi Anda untuk menyajikan buah yang nikmat ini atau saat menyiapkan aneka masakan dengan bahan nangka. Selamat mencoba! Semoga informasi ini bermanfaat ya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.