Orang Tua Muda, Ini Cara Cerdas Atur Keuangan dengan Baik

Avatar of PortalMadura.com
Orang Tua Muda, Ini Cara Cerdas Atur Keuangan dengan Baik
Orang Tua Muda, Ini Cara Cerdas Atur Keuangan dengan Baik

PortalMadura.Com – Bagi orang tua muda menjelang akhir bulan biasanya mulai kebingungan lantaran pengeluaran yang cukup banyak dan uang mulai menipis. Misalnya karena punya cicilan rumah, mobil ataupun pembayaran lainnya.

Jika kondisi ini terjadi, maka mengatur keuangan dengan baik adalah jalan satu-satunya yang perlu Anda lakukan agar antara pemasukan dan pengeluaran bisa seimbang. Jadi tidak terlalu membuat Anda merasa kewalahan dan bingung mengaturnya.

Lantas, bagaimana cara mengaturnya?. Berikut ini tips yang bisa membantu Anda dalam mengatur keuangan:

Buat Daftar Pengeluaran Wajib

Kalkulasikan berapa yang dibutuhkan untuk membeli kebutuhan pokok, bahan makanan, KPR, listrik, air, atau bensin/transportasi. Kebutuhan si kecil juga perlu diperhatikan seperti popok dan susu juga masuk ke sini. Ketika jumlahnya lebih dari 70 persen penghasilan, maka Anda harus mengencangkan ikat pinggang.

Tapi mungkin Anda akan terkejut kalau total biayanya lebih kecil daripada yang Anda bayangkan. Inilah manfaat membuat daftar pengeluaran.

Baca Juga:  Melestarikan Tradisi 'Tajin Sorah dan Ter-Ater' pada Bulan Asyura (Muharam) di Madura

Anggap Menabung Sebagai Pengeluaran Wajib

Menabung terlebih dahulu lalu menggunakan sisanya untuk konsumsi mungkin terasa sulit bagi orangtua muda dengan banyak pengeluaran. Padahal menabung ini bisa menyelamatkan masa depan jika terjadi sesuatu hal yang tidak terduga. Misalnya saat kendaraan harus masuk bengkel atau si kecil merusakan smartphone Anda.

Anda bisa mulai menyisihkan 10 persen dari penghasilan. Kalau masih sulit, mulailah dengan 5 persen. Masih sulit juga?. Berarti Anda harus belajar mengurangi pengeluaran. Misalnya pengeluaran hiburan dan makan di luar rumah.

Jangan Membeli Saat Tidak Punya Uang

Kalau di rekening bank Anda tidak ada uang, jangan berencana untuk memiliki benda yang tidak termasuk ke dalam kebutuhan. Inilah yang membuat Anda terjebak utang. Tapi dengan cara ini, Anda dan pasangan tidak perlu takut gaji langsung cepat karena harus membayar ini itu.

Baca Juga:  4 Mitos Diet Sehat yang Masih Dipercaya

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Delima bagi Kesehatan

Punya Tabungan Khusus untuk Si Kecil

Setiap orangtua disarankan untuk memiliki tabungan khusus untuk si kecil. Tabungan ini tidak hanya berbentuk tabungan pendidikan masa depan, tapi juga untuk kebutuhan si kecil seperti mainan, tiket masuk kolam renang, atau liburan akhir tahun. Anda bisa menetapkan aturan sendiri.

Misalnya jika anak minta mainan, beri tahu bahwa mainan yang boleh dibeli tidak boleh lebih dari Rp 100.000. Daripada menolak setiap permintaan si kecil, buat anggaran kecil untuk memenuhi kebutuhannya.

Anggaran Anda Harus dalam Bentuk Cair

Kita semua tahu kalau masalah finansial yang dihadapi setiap bulan berbeda. Misalnya saat masuk tahun ajaran baru, anak butuh seragam baru. Bulan berikutnya ada anggota keluarga yang akan menikah sehingga harus menjahit seragam.

Baca Juga:  Moms, Tips Mudah Membersihkan Kulkas Agar Tidak Ada Bau

Karena skenario yang terjadi bisa berbeda-beda maka Anda harus punya budget yang fleksibel. Tapi ingat, fleksibel bukan berarti Anda bisa menghabiskan uang lebih banyak. Dengan budget fleksibel, Anda jadi tidak stres ketika tiba-tiba anak jatuh sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.