oleh

MTC Diharapkan Mampu Mengangkat Derajat Warga Kepulauan Sepanjang

PERANCIS (PortlaMadura) – Penandatanganan kerjasama antara Brest Metropole dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, serta Pemerintah Kabupaten Sumenep, dalm pembentukan Maritim Tradition Center (MTC) di Pulau Sepanjang diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat.

Bupati Sumenep, A Busyro Karim, mengharapkan, agar program tersebut benar-benar dapat bermanfaat bagi masyarakat di wilayah kepulauan. Terutama dalam pelestarian lingkungan hidup dan peningkatan ekonomi masyarakat melalui optimalisasi sumber daya kelautan.

“Maritim Tradition Center ini, pilot proyeknya di Sepanjang. Jika ini berhasil, kemungkinan bisa dilaksanakan di wilayah kepulauan yang lain,” terang Busyro disela-sela penandatanganan kerjasama, di Perancis.

Program tersebut, kata dia, merupakan kombinasi antara pemberdayaan masyarakat dengan penggunaan sentuhan teknologi. Hal ini tentu akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) masyarakat kepulauan.

Pemerintah Perancis, sangat berpengalaman dalam pengembangan dan budidaya perikanan dan kelautan, sehingga masyarakat Sumenep, perlu belajar dan mengambil ilmunya.

“Bisa saja nanti, akan ada pelatihan-pelatihan, baik yang dilakukan di Perancis maupun di Indonesia,” terangnya.

Pembekalan materi dalam pelatihan tersebut, tentu yang berkenaan dengan transver teknologi, dalam mendukung pelaksanaan operasional dilapangan. Sehingga, masyarakat setempat akan menjadi pelaku, bukan penonton dalam program MTC tersebut.

“Program ini, masyarakat langsung yang terlibat. Bukan orang luar. Ilmunya, tentu akan ditransfer dari tenaga ahli. Termasuk alat teknologinya,” pungkasnya.(tim redaksi).


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE