oleh

Mulai Dikerjakan, Perpanjangan Landas Pacu Bandara Trunojoyo Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Perpanjangan landas pacu dan parkir pesawat Bandara Trunojoyo Sumenep, Madura, Jawa Timur sudah masuk proses pembuatan dan perbaikan tanah dasar.

“Perpanjangan landas pacu dan parkir pesawat sudah masuk proses pembuatan dan perbaikan tanah dasar,” kata¬† Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo, Selasa (26/4/2016).

Menurut Wahyu, parkir pesawat yang sedang dikerjakan itu seluas 80 x 75 meter. Estimasi proyek perpanjangan landas pacu ini akan tuntas pada bulan Nopember 2016.

“Pekerjaan proyek ini Nopember sudah harus tuntas,” ucapnya.

Pada Januari 2017, direncanakan Bandara tersebut sudah bisa dimanfaatkan pesawat berkapasitas 72 penumpang atau beroperasi secara komersial.

“Sesuai kontrak pekerjaan penambahan fasilitas di Bandara ini memang Nopember tahun ini,” bebernya.

Untuk bisa beroperasi secara komersil, Bandara Trunojoyo membutuhkan lahan seluas 108 hektar.

Sedangkan lahan yang ada saat ini baru sekitar 46 hektar, jadi kurang sekitar 60 hektar lebih. “Lahan yang harus dibebaskan tahun ini seluas 5,1 hektar,” tuturnya.

Tahun ini, imbuhnya, Bandara Trunojoyo Sumenep mendapatkan aliran dana sebesar Rp33,7 miliar dari Kementerian Perhubungan RI, meliputi pekerjaan perpanjangan dan pelebaran landas pacu sebesar Rp25, 9 miliar dan pembuatan parkir pesawat sebesar Rp7,8 miliar. Total sebesar Rp33,7 miliar.

“Saat ini panjang landas pacu 1.130 meter, akan diperpanjang hingga 1.600 meter dan lebar 23 menjadi 30 meter,” tukasnya. (arifin/har)


Tirto.ID
Loading...

Komentar