oleh

Mulai Hari ini, Bungkus Rokok Bergambar Peringatan

Tangerang – Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi, menegaskan, seluruh bungkus rokok mulai hari ini berubah dengan menyertakan peringatan bergambar tentang bahaya rokok.

“Setiap bungkus rokok akan berganti dari kata – kata menjadi gambar yang ditimbulkan dari dampak merokok,” katanya usai kunjungan kerja ke Provinsi Banten di RSUD Kota Tangerang.

Nafsiah mengatakan, sebaiknya seluruh pengusaha rokok untuk menarik seluruh produk rokok yang telah beredar dan menggantinya.

Pasalnya, informasi mengenai perubahan peringatan bahaya merokok dari kata-kata menjadi gambar sudah disosialisasikan sejak Juni tahun lalu.

Bahkan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah memberikan lima gambar yang nantinya akan dipasang di setiap bungkus rokok.

iklan hari santri

“Perubahan ini sebagai bentuk kampanye menghentikan peningkatan perokok di Indonesia yang kini telah mencapai 66 juta jiwa. Sebab, dengan kata-kata sudah tidak ampuh, maka diganti dengan gambar,” katanya.

Nafsiah menambahkan, lima gambar yang nantinya terpasang dibungkus rokok, merupakan hasil survei yang dilakukan Kemenkes dan Universitas Indonesia ke masyarakat.

Hasilnya, lima gambar ini membuat warga mempertimbangkan sebelum merokok akibat dampak yang ditimbulkan.

Dengan perubahan tersebut ditarget dapat menurunkan jumlah perokok yang kini digandrungi usia muda hingga perempuan.

“Ini adalah bagian dari penyelamatan terhadap generasi muda terhadap zat adiktif yang ditimbulkan rokok,” tegasnya. (suara/htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.