Muncul Tulisan From Meta Saat Buka WhatsApp, Apa Maksudnya?

Avatar of PortalMadura.com
Rewriter: Putri KuzaifahRujukan: Grid.id
Muncul-Tulisan-From-Meta-Saat-Buka-WhatsApp,-Apa-Maksudnya
Ilustrasi (esportku.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Apakah Anda menemukan perbedaan pada tampilan WhatsApp?. Jika sebelumnya saat Anda membuka ada tulisan “from Facebook” kini berubah menjadi “from Meta”. Tahukah Anda apa itu from Meta?.

Ya, beberapa waktu terakhir ini mendadak dihebohkan dengan perubahan nama tersebut. Bukan tanpa alasan, sebagaimana yang diketahui Whatsapp merupakan aplikasi yang dinaungi oleh Facebook Inc. Selain Whatsapp, Facebook Inc juga menaungi aplikasi Facebook dan Instagram.

Facebook saat ini memang tengah gencar menggaungkan istilah “Metaverse” yang menggabungkan dunia nyata dengan virtual. Menyikapi hal itu, CEO Facebook Inc, Mark Zuckerberg mengumumkan perubahan nama perusahaannya menjadi Meta.

“Untuk mencerminkan siapa kami dan apa yang kami bangun. Seiring berjalannya waktu, saya harap kami terlihat sebagai perusahaan Metaverse,” kata Zuckerberg.

Dengan adanya perubahan tersebut, lantas banyak orang yang bertanya-tanya apakah ada perbedaan di antara aplikasi Whatsapp saat ini atau atau sebelumnya.

Jawabannya, tidak ada perbedaan di antara Whatsapp from Facebook ataupun WA from Meta. Berikut alasan perubahan Nama Facebook Inc Menjadi Meta seperti dilansir PortalMadura.Com, Kamis (9/12/2021) dari laman grid.id:

Menghindari Kebingungan

Zuck mengatakan, digantinya nama Facebook Inc menjadi “Meta” adalah untuk menghindari kebingungan antara Facebook Inc sebagai perusahaan induk dengan produk media sosial di bawahnya, yakni Facebook.

“Secara lebih fungsional dan teknis, saya pikir ada banyak kebingungan dan kecanggungan tentang brand perusahaan induk yang juga merupakan brand salah satu aplikasi media sosial,” kata Zuck.

Mengubah Citra Media Sosial di Facebook Inc

Memahami lebih dalam WA from Meta, Facebook Inc punya citra yang sangat lekat dengan media sosial, Facebook Inc ingin dikembangkan lebih dari sekadar perusahaan yang berbasis social network semata.

“Bagi kami, (perusahaan) ini bukan hanya tentang media sosial, dan kami semakin bergerak lebih dari itu. (Menggunakan nama Facebook Inc) rasanya seperti brand perusahaan terikat dengan ide media sosial dan salah satu produk spesifik (Facebook) yang kami bangun di sana,” kata Zuckerberg.

Tak hanya itu, lini usaha yang juga bernaung di bawah Facebook juga brand media sosial lain seperti WhatsApp dan Instagram. Sehingga, menurut Zuck, nama Facebook Inc. saat ini juga tak lagi cukup merepresentasikan visi perusahaan.

“Jadi kami ingin mengubahnya untuk memiliki sesuatu yang lebih menggugah dari visi yang kami tuju,” kata Zuckerberg.

Sesuai Visi Misi Perusahaan

Alasan yang pertama Facebook ganti nama jadi Meta adalah Facebook Inc ingin melakukan rebranding dengan nama yang sejalan dengan visi masa depan Facebook. Perusahaan Facebook diketahui tengah mengembangkan visi masa depan yang diberi nama metaverse.

Meski belum ada definisi pasti tentang metaverse, istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan dunia virtual baru tempat orang dapat bermain game, bekerja, dan berkomunikasi dengan orang lainnya dalam lingkungan virtual, biasanya dengan mengandalkan headset Virtual Reality (VR).

“Jadi kami ingin memiliki identitas merek baru yang selaras dengan visi masa depan yang sedang kami upayakan,” kata Zuck.

Itulah sedikit penjelasan soal WA from Meta dan alasan Mark Zuckerberg mengubah nama perusahaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.