Musim Hujan, Pastikan 4 Komponen Mobil Ini dalam Kondisi Prima

Avatar of PortalMadura.com
Musim Hujan, Pastikan 4 Komponen Mobil Ini dalam Kondisi Prima
Ilustrasi

PortalMadura.Com telah tiba, bagi pemilik kendaraan utamanya roda empat sebaiknya selalu memperhatikan kondisi mobil dengan melakukan pengecekan pada beberapa komponen yang dianggap penting.

Hal ini wajib dilakukan karena bisa mengurangi risiko kecelakaan dan aktivitas berkendara menjadi nyaman. Lantas, komponen apa saja yang perlu di cek saat musim hujan? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (23/12/2019) dari laman liputan6.com yang dikutip Garda Oto.

Berikut ini penjelasannya:

Ban

Ban merupakan salah satu komponen paling penting untuk diperhatikan saat musim hujan. Usahakan ban selalu dalam kondisi prima. Pemilik kendaraan harus selalu melakukan pengecekan rutin, minimal satu bulan sekali.

Prioritas utama yaitu mengecek tekanan angin pada masing-masing ban. Jangan sampai ban tiba-tiba kempes ketika berkendara di tengah hujan. Selain mengecek tekanan angin, kondisi ban juga perlu diperhatikan. Lihat apakah ban masih dalam kondisi layak atau tidak.

Jika karet ban sudah tipis, sebaiknya segera mengganti komponen ini. Alur ban yang baik akan membantu terhindar dari risiko melayang di atas air (aquaplaning) dan tergenlincir ketika hujan.

Kaki-Kaki

Kaki-kaki mobil terdiri dari dua bagian, yakni sistem suspensi dan sistem kemudi. Apabila sistem suspensi lemah karena karet bushing shock absorber pecah atau peredam kejut rusak, mobil akan sulit dikendalikan. Kondisi ini akan semakin buruk saat melewati jalan licin akibat hujan.

Sementara itu sistem kemudi yang bermasalah membuat pengemudi sulit mengendalikan arah mobil. Lakukan pengecekan kolong mobil serta spooring dan balancing untuk mengembalikan kebugaran ban dan kaki-kaki.

Baca Juga: Bawaslu Sumenep Umumkan Panwascam Terpilih Untuk Pilkada 2020, Cek nama-namanya berikut ini

Wiper

Wiper yang optimal mampu menyapu air dan memberikan pandangan yang baik. Karet wiper yang getas memiliki potensi merusak permukaan kaca mobil dan menimbulkan baret. Lakukanlah pengecekan kondisi wiper secara rutin dan mengisi tabung air pembersih kaca.

Lampu Mobil

Musim hujan seringkali menjadi penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya. Jarak pandang yang berkurang akibat derasnya guyuran hujan bisa menjadi penyebabnya.

Saat musim hujan, lampu mobil sangat penting karena membantu pengemudi melihat kondisi jalan. Terlebih mobil yang memiliki foglamp.

Lampu rem mobil juga memiliki peranan penting. Fatal akibatnya jika lampu rem mobil mati saat hujan deras.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.