Musim Ini, Pemkab Pamekasan Target Produksi Tembakau 17 Ribu Ton

Avatar of PortalMadura.com
Musim Ini, Pemkab Pamekasan Target Produksi Tembakau 17 Ribu Ton
Lahan pembibitan tembakau Pamekasan (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, – Petani di sejumlah daerah di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, sudah mulai menanam untuk produksi tahun 2021.

Kepala Bidang Produksi Pertanian Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pamekasan, Achmad Suaidi mengungkapkan, pihaknya menargetkan sebanyak 17 ribu ton dengan mengendalikan luas lahan yang sebelumnya 30 hektar menjadi 25 hektar.

“Target itu untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pabrikan, sehingga tembakau petani bisa terserap semua. Karena kalau terlalu banyak khawatir tak terserap,” katanya, Rabu (19/5/2021).

Dikatakan, tembakau Jawa tidak menutup kemungkinan bisa masuk ke Pamekasan. Kondisi tersebut yang menambah kekhawatiran tidak terserapnya tembakau petani Madura.

“Jadi sekarang, bagaimana mengantisipasi masuknya tembakau jawa masuk Pamekasan tersebut,” tandasnya.

Selain itu, pihaknya telah memberikan bantuan benih tembakau bekualitas kepada petani melalui kelompok tani (poktan) untuk luas lahan 15 hektar. Bantuan itu dilakukan sebagai upaya menjaga kualitas tembakau petani dengan varian benih prancak 95 bersertifikat.

Pemerintah juga menyalurkan bantuan pupuk kepada 78 poktan untuk mendukung produksi petani. Namun demikian, bantuan pupuk tersebut tidak khusus kepada poktan tembakau.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.