Muslim Wajib Tahu, Ini 6 Manfaat Keluarkan Zakat Fitrah Saat Ramadan

Avatar of PortalMadura.Com
Muslim Wajib Tahu, Ini 6 Manfaat Keluarkan Zakat Fitrah Saat Ramadan
ilustrasi (abiummi.com)

PortalMadura.Com merupakan zakat yang wajib dikeluarkan (dibayarkan) umat muslim di bulan Ramadan kepada mereka yang berhak menerima zakat. Zakat ini termasuk rukun Islam yang ke-3.

Zakat fitrah dibayarkan paling lambat sebelum umat muslim selesai menunaikan ibadah sunah salat Idul Fitri. Apabila pelaksanaan zakat dilakukan setelah melewati batas tersebut, maka zakat itu bukan lagi termasuk ke dalam kategori zakat fitah, melainkan berupa sedekah biasa.

Meski ada uang yang harus Anda keluarkan, tapi zakat tidak akan pernah membuat Anda miskin atau kekurangan. Justru hati dan harta Anda akan kembali suci setelah menunaikan zakat fitrah.

Berikut enam dari membayar zakat fitrah:

Mensucikan Harta
Umat Islam meyakini bahwa mengeluarkan zakat dapat membantu mensucikan harta yang kita miliki. Selain mendapatkan keberkahan, zakat juga membuat Anda terhindar dari harta atau pendapatan yang haram dan membuat dosa.

Diganti dengan Rezeki Berkali-Kali Lipat
Zakat dipercaya sebagai pengundang rezeki. Bukannya semakin menurun, penghasilan atau rezeki yang akan Anda dapatkan di sepanjang tahun akan semakin berlimpah dengan menunaikan zakat.

Menebar Cinta Antarsesama
Membayar zakat saat Ramadan bermakna menebar cinta antarsesama. Uang atau harta yang Anda sisihkan akan sangat membantu golongan yang membutuhkan. Mereka akan berterima kasih dengan membalasnya dengan doa kepada para pemberi zakat.

Aliran Uang Menjadi Seimbang
Jika selama ini aliran uang hanya pada golongan yang mampu atau kaya raya, maka zakat membuat aliran tersebut menjadi seimbang. Golongan yang tidak mampu akan menerima rezeki dan hidup lebih layak dengan uang zakat yang mereka terima.

Meningkatkan Iman dan Takwa
Menunaikan zakat dapat menambah keimanan dan ketakwaan hamba kepada tuhannya. Selain hati yang disucikan, para pemberi zakat juga dapat merasa tenang dan lebih dekat kepada Allah SWT.

Menyetarakan Jenjang Antara Si Kaya dan Si Miskin
Zakat membantu menyetarakan jenjang antara si kaya dan si miskin. Semua berbahagia dengan adanya zakat fitrah saat Idul Fitri tiba. (suara.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.