Muslimah, Begini 6 Cara Istikamah dalam Berhijab

Avatar of PortalMadura.com
Muslimah, Begini 6 Cara Istikamah dalam Berhijab
ilustrasi

PortalMadura.Com – Seorang muslimah diberikan tanggung jawab dan juga kewajiban untuk mengenakan hijab. Bukan hanya sekadar agar melindungi diri dari perbuatan maksiat, tapi hal ini sudah ditetapkan oleh Allah SWT dalam Alquran.

Tujuan utamanya tidak lain adalah menutup aurat, yaitu menutup seluruh anggota tubuh kecuali telapak tangan dan muka. Sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah hadis,

Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.' Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu” (QS. al-Ahzab : 59).

Namun keputusan berhijab memang terasa berat bagi sebagian orang. Bahkan, orang yang sudah berhijab pun harus beristikamah dengan pilihannya meskipun memang tidak mudah.

Di dalam berjilbab pun Anda dituntut untuk istikamah meskipun memang tidak mudah. Untuk itu, ada beberapa tips agar dapat istikamah dalam berjilbab. Berikut penjelasannya:

Pahami dan Amalkan Dua Kalimat Syahadat
Ketika Anda sudah mengucapkan kalimat Syahadat, maka Anda sudah berikrar bahwa Allah SWT adalah Rabb Anda dan Rasulullah adalah suri tauladan serta panutan hidup. Maka secara otomatis Anda harus mengikuti dan patuh terhadap aturan Allah SWT, termasuk dalam berpakaian.

Kaji Kandungan Alquran
Membaca dan memahami Alquran tanpa disadari dapat meneguhkan hati orang-orang yang beriman. Seperti yang dijelaskan Allah dalam surat An-Nahl ayat 102:

Katakanlah: “Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan Alquran itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)”. (Q.S An-Nahl[16]: 102).

Cara ini dapat dilakukan dengan mengikuti pengajian, kahian atau aktif di dalam suatu majelis ilmu (taklim).

Konsisten

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.