Muslimah, Inilah Kriteria Cantik Menurut Pandangan Islam

Avatar of PortalMadura.Com
Muslimah, Inilah Kriteria Cantik Menurut Pandangan Islam
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Wanita bukanlah mereka yang memiliki wajah cantik, memakai perhiasan berlebihan, make up secara sempurna ataupun yang menggunakan pakaian mewah. Namun wanita yang dimaksudkan disini adalah wanita salehah yang tentu saja syar'i dan cantik luar dalam.

Wanita yang menjadi idaman semua orang ini merupakan sebaik-baiknya perhiasan dunia. Karena ciri-ciri wanita cantik dalam Islam bukan hanya perkara fisik saja tapi lebih kepada ahlaknya.

Berikut ini ciri dan sifat wanita cantik menurut pandangan Islam :

Beriman
Wanita muslimah adalah wanita yang beriman, yang taat kepada perintah Allah sebagai rabbnya dan menjauhi segala larangannya. Serta selalu mengikuti sunnah-sunnah rasulnya dan menjadikan Al-quran sebagai pedoman hidupnya.

Menjaga Sholat
Shalat merupakan tiang agama, dan wanita muslimah akan selalu menjaga shalat lima waktu dengan wudlu'nya, serta menunaikannya dalam kekhusyukan, dan mendirikan sholat tepat pada waktunya, sehingga tidak ada sesuatu pun yang menghalanginya dari sholat itu.

Tidak ada sesuatu apapun yang melalaikan dari beribadah kepada Allah SWT sehingga nampak jelas padanya hasil dari sholatnya itu. Sebab sholat dapat mecegah dari pada perbuatan keji dan mungkar serta benteng dari perbuatan maksiat.

Menjaga Hijab
Wanita muslimah adalah yang menjaga hijabnya dengan rasa senang hati dan sebaik-baiknya. Sehingga dia tidak akan keluar kecuali dalam keadaan berhijab rapi menurut tuntunan Islam. Dia yang mencari perlindungan Allah serta bersyukur kepadanya atas kehormatan yang diberikan.  Dengan adanya hukum hijab kepada para wanita, Allah SWT menginginkan terjaga kesucian baginya dengan hijab tersebut.

Menjaga Kehormatan
Wanita sholehah selalu menjaga kehormatan dan ketaatan kepada suaminya, sayang kepadanya, mengajaknya kepada kebaikan, menasihatinya, memelihara kesejahteraannya, tidak mengeraskan suara dan perkataan kepadanya, serta tidak menyakiti hatinya.

Pendidik yang Baik
Wanita muslimah adalah wanita yang mampu mendidik anak-anaknya untuk taat dan bertakwa kepada Allah SWT. Mengajarkan kepada mereka aqidah yang benar, menanamkan ke dalam hati mereka perasaan cinta kepada Allah dan Rasul-Nya, menjauhkan mereka dari segala jenis kemaksiatan dan perilaku tercela.

Patuh pada Suami
Wanita muslimah tidak berkhalwat (berduaan) dengan laki-laki bukan mahramnya. Wanita sholehah dilarang bepergian jauh kecuali pergi dengan mahramnya, sebagaimana pula dia tidak boleh menghadiri pasar-pasar dan tempat-tempat umum kecuali karena mendesak dan sudah dapat izin dari suaminya atau mahramnya.

Tidak Menyerupai Laki-laki dan Orang Kafir
Wanita muslimah adalah wanita yang tidak menyerupai laki-laki dalam hal-hal khusus yang menjadi ciri-ciri mereka. Juga tidak menyerupai wanita-wanita kafir dalam hal-hal yang menjadi ciri khusus mereka, baik dalam berpakaian, maupun dari caranya bertingkah laku dan gerak-geriknya.

Taat
Wanita muslimah selalu menyeru ke jalan Allah, di kalangan wanita dengan tutur kata yang baik dan sopan, baik berkunjung kepadanya, berhubungan telepon dengan saudara-saudaranya, ataupun lewat sms dan dalam lingkungannya. Di samping itu, dia juga akan mengamalkan apa yang dikatakannya serta berusaha untuk menyelamatkan diri dan keluarganya dari siksa Allah.

Jauh dari Syubhat dan Syahwat
Wanita muslimah selalu menjaga diri dan hatinya dari syubhat maupun syahwat. Memelihara matanya dari memandang sesuatu yang haram. Menjaga farjinya, memelihara telinganya dari mendengarkan nyanyian dan perbuatan dosa atau hal-hal yang dilarang.

Dengan kata lain, wanita yang memelihara dan menjaga semua anggota tubuhnya dari penyelewengan adalah orang-orang yang takwa.

Memanfaatkan Waktu dengan Baik
Wanita muslimah selalu menjaga waktunya, memanfaatkan waktu sebaik mungkin agar tidak terbuang sia-sia disetiap harinya. Maka dia akan menjauhkan diri dari ghibah (menggunjing), namimah (mengadu domba), mencaci dan hal lain yang tidak berguna. (dorar.info/nia)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.