Muslimah Wajib Coba, Ini 5 Cara menjaga kecantikan secara Alami dan Islami

Avatar of PortalMadura.Com
Muslimah Wajib Coba, Ini 5 Cara menjaga kecantikan secara Alami dan Islami
ilustrasi

PortalMadura.Com bagi seseorang memang sesuatu yang diidam-idamkan. Namun kecantikan tidak akan bersifat permanen. Bahkan seiring bertambahnya usia, maka kecantikan tersebut akan pudar dan hilang.

Usia yang semakin bertambah, beberapa masalah akan mengganggu wajah wanita sehingga mengurangi kecantikannya. Seperti timbulnya flek hitam, kulit mengalami pecah-pecah, iritasi bahkan tanda-tanda penuaan dini. Oleh karena itu, untuk mempertahankan kecantikan tersebut, para wanita mesti pintar merawat anugerah dari sang Maha Pencipta. Tapi tentu perawatan tersebut dengan cara yang alami dan islami.

Berikut lima cara alami dan islami yang perlu diperhatikan wanita muslimah untuk menjaga kecantikannya:

Berwudu Setiap Saat
Wudu tidak hanya membersihkan batin manusia, tapi juga membersihkan fisiknya. Semua kotoran yang menempel di wajah, tangan, kaki akan lenyap saat dibasuh oleh air wudu. Seorang wanita yang bersih dari najis dan kotoran akan terlihat indah, cantik dan menawan. Tidak cuma itu, wajahnya pun juga akan memancarkan keanggunan.

Puasa Sunah
Puasa tidak hanya berpahala bagi yang mengerjakan, melainkan akan membuat tubuh dan jiwanya terlindung dari berbagai penyakit yang kerap kali masuk ke dalam tubuh melalui makanan.

Puasa membuat seseorang mampu menahan diri dari segala godaan dan juga emosi. Karena, orang yang mampu mengendalikan diri akan terlihat ceria dan murah senyum. Meski begitu, tidak boleh puasa dengan niat untuk diet atau lainnya. Niatkan puasa karena Allah SWT.

Membaca Basmalah Setiap Makan dan Minum
Sebagaimana sabda Rasulullah: “Setiap perkara penting, jika tidak dimulai Basmalah, maka perkara itu tidak akan membawa berkah,”.

Maka dengan membaca Basmalah, Allah akan menyelamatkan dari sesuatu yang mungkin terdapat dalam makanan dan minuman tersebut. Bisa saja makanan dan minuman yang akan disantap mengandung zat berbahaya bagi kesehatan fisik.

Konsumsi Makanan Halal
Dengan mengonsumsi makanan yang halal, maka tubuh akan sehat. Sesuatu yang menyehatkan pasti akan membuat tubuh bisa berfungsi normal dan seimbang. Jika tubuh wanita sehat, maka dia akan tampak ceria dan segar. Apalagi diselimuti keberkahan dari Allah.

Tidak Makan Berlebihan
Allah tidak menyukai hambanya yang bersifat berlebih-lebihan. Begitu pula dengan makan, karena baiknya makan itu sesuai dengan kebutuhan atau porsi.

Allah berfirman: “……….. Makan dan minumlah, tapi jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan,”. (QS Al Araaf:31).

Selain itu, makan berlebihan bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Sehingga akan mendatangkan berbagai penyakit dan kelebihan berat badan. Hal ini tentu akan mengurangi kecantikan seorang wanita.

Umar bin Khattab berkata: “Janganlah kalian makan dan minum terlalu kenyang, karena dapat merusak tubuh dan mendatangkan penyakit serta menyebabkan kemalasan dalam menjalankan salat. Hendaklah kalian sederhana dalam makan dan minum. Sebab, yang demikian itu lebih baik bagi tubuh dan jauh dari pemborosan. Allah sangat membenci orang yang besar dan terlalu gemuk. Dan tidaklah seseorang akan celaka sehingga dia mendahulukan syahwat atas agamanya,”.

Namun, daya tarik wanita tidak hanya terlihat dari segi fisik. Karena cantik sesungguhnya adalah yang terpancar dari dalam diri atau hati. Cantik dari hati akan mampu mengalahkan pesona fisik. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.