Naudzubillahi Min Dzalik, Ini 3 Sifat yang Jadi Sumber Segala Dosa

Avatar of PortalMadura.com
Naudzubillahi Min Dzalik, Ini 3 Sifat yang Jadi Sumber Segala Dosa
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selama hidup di dunia manusia tidak akan pernah luput dari yang namanya dosa. Akan tetapi, mereka bisa menghindari dosa-dosa itu dengan selalu melaksanakan perintah Allah SWT.

Sebenarnya, ada beberapa yang menjadi . Bahkan, sumber segala dosa ini dapat memudahkan Anda terjerumus ke dalam dosa-dosa yang lainnya.

Ibnul Qoyyim r.a, mengatakan: “Barangsiapa yang terbebas dari tiga sifat ini, maka dia akan terlindung dari segala macam kejelekan. (Ketahuilah), kekafiran itu berasal dari sifat sombong. Maksiat berasal dari sifat tamak. Sikap melampaui batas dan kezaliman berasal dari sifat dengki (hasad)”.

Berikut ini ulasannya:

Sombong
Yang dikatakan sombong bukanlah mengenakan pakaian bagus-bagus, akan tetapi sombong adalah perkara hati. Ketika Anda memandang diri lebih baik dari orang lain, entah karena harta, jabatan, atau ilmu yang Anda miliki, maka bisa jadi Anda telah berlaku sombong.

Selain itu, ketika Anda meremehkan orang lain karena Anda menganggap kadar ilmunya rendah, hartanya lebih sedikit, jabatannya bukan siapa-siapa, kemudian Anda menolak kebenaran yang disampaikannya, maka itulah sifat sombong yang sama seperti yang dimiliki Iblis.

Dari ‘Abdullah bin ‘Abbas, Rasulullah bersabda: “Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia,” (HR. Muslim).

Tamak
Segala maksiat berasal dari sifat tamak atau rakus. Melihat gambar porno, mencicipi minuman keras, selingkuh, meminta pertolongan dukun dan jimat, semuanya kebanyakan bersumber dari sifat rakus yang senantiasa merasa kurang dan kurang.

Sudah punya istri, masih mau selingkuh. Sudah punya rumah, mau yang lebih bagus akhirnya melakukan penipuan dalam berbisnis.

Hasad atau Iri
Inilah yang biasanya banyak menjangkiti ibu-ibu. Melihat tetangga ada mobil baru langsung iri. Melihat postingan sosial media orang lain langsung Bawa Perasaan (Baper).

Ada orang-orang yang menghilangkan kenikmatan orang lain hanya karena merasa hasad dan dengki. Wallahu A'lam. (ummi-online.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.