oleh

‘Ngasango Paddhang Bulan’ Cara Ngopi Generasi Milenial Pamekasan

PortalMadura.Com, PamekasanNgaji sambil ngopi (Ngasango). Begitulah tagline kegiatan yang mengangkat tema merajut ukhuwah dalam keberagaman yang diadakan oleh komunitas Paddhang Bulan, Sabtu malam (21/7/2018).

Kegiatan ini, berbeda dengan acara pengajian pada umumnya, Ngaji Sambil Ngopi (ngaji sambil minum kopi) menyajikan pembacaan puisi, live musik religi (tradisional) serta dialog keagamaan.

Ratusan muda-mudi terlihat srawung (berkumpul) untuk ikut bergabung di Ngasango tersebut.

“Uniknya Ngasango, pemateri dan yang ngaji bisa sambil minum kopi dan santai,” kata Ketua Komunitas Paddhang Bulan, KH. Ach. Fauzan Badruddin.

Menurutnya, budaya Ngasango oleh komunitas Paddhang Bulan sendiri telah terbentuk sejak bulan Agustus 2017.

Loading...

Terbentuknya Paddhang Bulan berawal dari rasa prihatin terhadap kebiasaan ngopi anak muda yang hanya ngopi tanpa makna, maka kemudian Ngasango ingin mengajak para muda-mudi Pamekasan bisa minum kopi sambil mengaji.

“Dari pada ngopi sambil bermain game, mending ngopi sambil ngaji atau ngaji sambil ngopi,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, Ngasango adalah salah satu cara ngaji untuk generasi milenial. Ia ingin mengajak anak muda untuk sama-sama memahami Islam dan rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air.

Disamping itu, budaya Ngasango juga ingin mengajak para muda-mudi bisa lebih pandai menilai diri sendiri dari pada menilai orang lain.

“Ngaji sampai bodoh, yaitu bodoh menilai orang lain, dan pandai menilai diri sendiri,” pungkasnya.(Hasibuddin/Nanik)



Komentar