Nia Kurnia Fauzi: Tertib Administrasi Penunjang Keberhasilan Program PKK

  • Bagikan
TP PKK Kabupaten Sumenep
Pembinaan TP PKK Pemenang Lomba 10 Program Pokok PKK tingkat Kabupaten Sumenep. (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan pembinaan bagi TP PKK Pemenang Lomba 10 Program Pokok PKK tingkat Kabupaten Sumenep.

Pembinaan tersebut berlangsung di aula Sekretariat TP PKK Kabupaten Sumenep, Kamis (2/12/2021) pagi. “Ini salah satu upaya untuk memberikan tambahan informasi terkait kegiatan 10 program pokok PKK. Salah satunya, tertib administrasi,” kata Ketua TP PKK Kabupaten Sumenep, Nia Kurnia Fauzi.

Menurut Nia, sapaan akrab Nia Kurnia Fauzi, ada relasi erat antara tertib administrasi dan keberhasilan program PKK. “Ini menunjukkan, jika administrasi yang baik akan menunjang keberhasilan kegiatan PKK dan manfaatnya akan dirasakan,” ujarnya.

Nia mengemukakan, dari penerapan administrasi yang tertib, semua kegiatan PKK dapat terpantau dan tercatat dengan baik, sehingga daya guna dan hasil guna program PKK dapat mencapai target dalam mewujudkan visi PKK itu sendiri.

“Untuk itulah, pembinaan administrasi 10 program pokok PKK merupakan salah satu bentuk perhatian dan kepedulian TP PKK Sumenep dalam memajukan PKK di desa dan kecamatan,” terangnya.

“Bagaimanapun, PKK kecamatan dan desa merupakan pilar dan penyangga utama PKK kabupaten,” sambungnya.

Administrasi yang baik dan tertib, bisa mengetahui perkembangan program yang telah dicapai secara berkala dan berkelanjutan. “Itulah bedanya organisasi, termasuk PKK dengan paguyuban atau perkumpulan lain,” katanya.

Organisasi harus sistematis dan terencana agar mampu mencapai tujuannya, termasuk tertib administrasi. Menurutnya, jika administrasi tertib berarti organisasi telah dikelola dengan baik dan berpotensi maju. Sebab, tertib administrasi berbanding lurus dengan prestasi organisasi.

Pihaknya berkomitmen, PKK kecamatan dan desa harus terus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan tentang administrasi. Dan wajib memahami administrasi yang baik dan pengerjaannya dilakukan secara rutin.

“Jangan ketika ada penilaian, baru dikerjakan secara serabutan,” ujarnya.

Administrasi yang baik dapat meminimalisir kesalahan. Saat ini, proses hukum tidak hanya dilakukan karena ada penyelewengan wewenang dan sebagainya, tetapi juga karena adanya kesalahan administrasi.

Merujuk pada UU No. 06 Tahun 2014 Tentang Desa, yang di-breakdown dengan Permendagri No. 11 Tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa untuk tahun 2020, dana desa tidak hanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur, tapi juga digunakan untuk pemberdayaan masyarakat.

“Salah satu di antaranya, untuk mendukung kegiatan TP PKK desa,” jelasnya.

Alokasi dana desa merupakan peluang dan sekaligus tantangan bagi PKK. “Peluang dari segi finansial untuk program PKK. Tetapi tantangannya, apakah PKK bisa melakukan inovasi dan gerak nyata?, termasuk administrasi pertanggung jawabannya,” ucap Nia.

Ia menyampaikan, dalam evaluasi tingkat perkembangan desa, titik poin evaluasi terkait peran PKK masuk pada bidang kemasyarakatan desa dengan berbagai aspeknya.

Sebab, kata Nia, PKK mempunyai peran untuk membantu pemerintahan desa dalam meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, sejahtera, maju, mandiri dan harmonis.

Selain itu, PKK berperan dalam menumbuh kembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga.

Bahkan, PKK memiliki sasaran gerakan yang berkaitan dengan fisik material, meliputi pangan, sandang, papan, kesehatan, kesempatan kerja yang layak serta lingkungan hidup yang sehat dan lestari melalui peningkatan pendidikan, pengetahuan dan keterampilan.

“Maka, saya mengharapkan TP PKK kecamatan dan desa untuk terus melengkapi tertib administrasi agar 10 program pokok PKK yang dilaksanakan dapat terdokumentasikan dengan baik dan benar,” tandasnya.

Nia Kurnia Fauzi juga menyampaikan terima kasih pada pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumenep yang telah mempersiapkan kegiatan tersebut dengan sempurna. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.