oleh

Niat Mencari Kerja, Perempuan Sumenep Jadi Bos Diperantauan (Bagian I)

SUMENEP (PortalMadura) – Tim PortalMadura berhasil menemui Ibu Sumiyati (50), warga Desa Brakas, Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang saat ini berkantor di Jalan Ksatria III Nomor 3, Tuban, Kuta, Bali.

Perempuan muslim yang taat agama ini, selama dua hari yakni Sabtu-Minggu (28-29/12/2013) bersedia bersama Crew PortalMadura dan wartawan lain asal Sumenep yang sedang Study Banding Ke Bali.

Dalam perjuangannya, perempuan lima (5) anak ini sungguh luar biasa dan nyaris tidak masuk akal. Sebab, pada tahun 1980, dia datang ke Bali dengan niat mencari pekerjaan.

Betapa sulitnya, bagi seorang perempuan yang hanya tamatan sekolah dasar (SD) di kampung terpencil, untuk mendapat pekerjaan yang layak dan penghasilannya bisa memenuhi kebutuhan hidup saat itu.

Hanya berbekal keyakinan, doa dan tanpa menyerah hingga akhirnya menjadi seorang bos. Dia mengaku nyaris menjadi orang gelandangan di Bali.

Kerasnya hidup di Pulau Bali dan tidak mudah mendapatkan pekerjaan, ternyata menjadi cambuk awal untuk membuka usaha dengan cara berjualan aksesoris di Pantai Pasar Senin Kuta, Bali. Saat itu, masih berstatus pedagang kaki lima.

“Saya kesini berangkat tanpa modal, karena memang saya tidak mempunyai modal. Berangkat dari Pulau Raas ingin mencari kerja di Bali,” kata Sumiyati yang masih kental lugat bahasa Maduranya.

Saat ini, dia sudah menjadi bos atau Direktris diperusahaan milik pribadinya, yakni PT. Sumiati Ekspor Internasional.(htn).


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.