Normalkah Jika Anda Sering Terbangun Saat Tengah Malam? Ini Jawabannya

Avatar of PortalMadura.Com
Normalkah Jika Anda Sering Terbangun Saat Tengah Malam? Ini Jawabannya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ada beberapa jenis gangguan tidur, salah satunya yang cukup sering adalah terbangun dari tidur yang nyenyak di tengah malam.

Walau pun mengganggu, ternyata para ahli berpendapat hal itu adalah normal, kecuali kita tak bisa cepat tidur kembali setelah terbangun. Menurut Dr. Sujay Kansagra, pakar kesehatan tidur di Mattress Firm, terbangun di tengah malam tak perlu dikhawatirkan. Tubuh kita mungkin melakukannya untuk menerima lebih banyak sirkulasi agar kembali lancar. “Terbangun bukanlah bagian tidur yang tidak normal”.

“Pada tahap tertentu, ketika kita mulai gelisah dan bergeser posisi, kita sebenarnya melindungi diri kita sendiri,” katanya.

Selain meningkatkan sirkulasi, alasan umum lainnya mengapa kita terbangun dari tidur mungkin karena kita harus ke kamar mandi. Menurut Bill Fish, seorang pelatih ilmu tidur bersertifikat, hampir 50 persen orang dewasa bangun untuk menggunakan kamar kecil setidaknya sekali dalam semalam.

Menurutnya, ini terjadi karena dibutuhkan sekitar 90 hingga 120 menit agar tubuh kita menjalani satu siklus tidur penuh. Jika saat itu kita terganggu, kita pada dasarnya dipaksa untuk memulai dari awal siklus tersebut. “Kesalahan umum yang menganggu tidur adalah mengonsumsi camilan, terutama yang mengandung karbohidrat, seperti sereal atau biskuit,” kata Chris Bratner, selaku konsultan tidur berlisensi.

Untuk memancing kantuk, minumlah segelas susu hangat agar tidur menjadi lebih nyenyak. Sebaiknya kita tidak tidur dalam kondisi lapar. Penurunan gula darah di malam hari dapat menyebabkan kita terbangun. Bahkan, dapat menyebabkan keluarnya keringat di malam.

Ia merekomendasikan kita agar mengonsumsi camilan yang kaya protein, agar kita tidak merasa lapar di malam hari.

Perlu dikhawatirkan, Menurut Martin Reed, spesialis pendidikan kesehatan bersertifikat, ada beberapa tanda yang menunjukan pola tidur kita tidak berfungsi maksimal. Waspadai ketika kita terbangun dalam kondisi sakit kepala, mulut atau tenggorokan kering, serta tidur dalam keadaan mendengkur sepanjang malam. Jika gejala tersebut kita alami, Reed menyarankan kita untuk berkonsultasi pada dokter. Bisa jadi, tanda tersebut menunjukan kita sedang mengalami sleep apnea.

Untuk mendapatkan tidur nyenyak sepanjang malam, banyak hal yang bisa kita lakukan. Misalnya menonton film yang membuat rileks, melakukan perawatan kecantikan agar rileks, hingga memijat kaki dengan krim atau aroma terapi.

Kita juga dianjurkan untuk menjaga pola makan yang baik,hidup sehat dengan berolahraga agar tubuh kita lebih rileks saat tidur nanti. Usahakan jika malam hari anda tidak meminum kopi,karena hal ini dapat membuat mata anda lebih lama terjaga. (kompas.com/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.