oleh

Obati Kutu Air dengan 4 Bahan Rumah Sederhana Ini

PortalMadura.Com – Salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami oleh orang indonesia adalah kutu air. Masalah ini sering muncul saat Anda tidak menjaga kesehatan kaki serta lingkungan lembap dan panas.

Terdapat sejumlah hal yang bisa menyebabkan masalah pada kaki ini seperti karena lingkungan yang tak bersih atau paparan dari air kotor. Selain itu, hal ini juga dapat terjadi ketika Anda menggunakan pakaian berbahan sintetis sehingga kulit tidak dapat bernapas.

Bahkan, pada penderita diabetes maupun obesitas, risiko dari infeksi kutu air di kaki ini juga bisa meningkat. Untuk mengobati masalah ini, biasanya kita bakal menggunakan salep untuk mengatasi kutu air.

Walau begitu, terdapat sejumlah bahan lain yang bisa kita gunakan untuk mengobati masalah kutu air ini.

Obat Kutu Air dari bahan sederhana

Seperti dilansir merdeka.com dikutip dari The Health Site, ada beberapa sejumlah bahan rumahan yang bisa membantu mengatasi kutu air. Yuk, simak dibawah ini.

Kompres Es Batu

Kompres dingin yang diisi oleh es batu bisa jadi cara untuk mengobati berbagai masalah kulit mulai dari gatal hingga kulit terbakar. Cara yang sama ternyata bisa diterapkan juga untuk mengatasi kutu air di kaki.

Isi kantong plastik dengan es batu, kemudian tutup dengan kain sebagai kompres. Usap kompres dingin pada area yang mengalami masalah selama 15 menit. Hal ini bisa mengurangi rasa gatal dan sakit.

Cuka Apel

Bahan yang umum digunakan untuk mengobati alergi kulit adalah cuka apel. Terdapat kandungan antiseptik, antibakteri, dan anti jamur pada cuka apel bisa mengobati dan memunculkan rasa nyaman usai digunakan.

Cara menggunakannya cukup campurkan cuka apel dengan air. Kemudian celup kapas pada larutan tersebut dan usap secara lembut pada bagian kaki yang mengalami masalah.

Daun Mimba

Salah satu tanaman yang bisa kita temui dengan cukup mudah pada lingkungan sehari-hari adalah daun mimba. Daun ini memiliki kandungan antimikroba yang bisa menghilangkan kotoran dan racun yang menempel di kulit.

Untuk menggunakannya, rebus segenggam daun mimba selama setidaknya 10 menit. Kandungan bermanfaat dari daun ini bakal berpindah ke air rebusan. Kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk mandi serta simpan sebagian untuk digunakan selanjutnya.

Baca Juga: Mengenal Rumah Adat Joglo, Bentuk Jati Diri Masyarakat Jawa

Cara Mengobati Kutu Air dengan Pasta Gigi

Mengobati kutu air dengan pasta gigi merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan. Namun nyatanya pasta gigi mampu mengeringkan luka kutu air.

Berikut alasan ilmiah kenapa pasta gigik menjadi  obat ampuh untuk mengobati  kutu air pada celah kaki kita, yaitu:

  1. Pasta gigi pada umumnya mengandung kalsium karbonat, magnesium trisilikat, dan dikalsium fosfat dihidrat. Sejumlah kandungan pada pasta gigi ini berfungsi mengusir bakteri di kulit yang gatal akibat dihinggapi jamur kulit atau kutu air.
  2. Rasa mint yang segar pada pasta gigi juga dapat meringankan gejala kutu air.
  3. Pasta gigi memiliki kandungan koloid hidrofilik sebagai zat pengikat dalam. Kandungan zat pengikat pada pasta gigi ini berfungsi menstabilkan kulit kembali ke formulasi awal. Jadi, bisa dikatakan bahwa zat ini dapat memperbaiki dan mengembalikan seperti semula sel-sel kulit mati yang dirusak kutu air pada kulit kaki.

Aloe Vera

Aloe Vera atau lidah buaya merupakan salah satu bahan yang bisa mengatasi sejumlah masalah kulit. Cara menggunaknnya cukup mudah Anda bisa mengambil gel lidah buaya dan mengoleskannya ke kulit. Anda juga bisa menggunakan krim atau gel aloe vera yang biasa dijual di toko-toko.

Untuk mengatasi masalah kulit ini, oleskan lidah buaya dua atau tiga kali setiap hari. Tumbuhan ini memiliki kandungan gula seperti malosa, laktosa, dan sterols yang sangat efektif untuk menghilangkan infeksi jamur.

Sejumlah bahan rumahan nan sederhana tersebut bisa Anda gunakan untuk mengobati masalah infeksi kulit. Cara ini bisa buat Anda menghilangkan masalah kaki yang sangat mengganggu ini.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar