Open House LindungiHutan Tingkatkan Transparansi

Avatar of hartono
Open House LindungiHutan Tingkatkan Transparansi
Poster Acara Open House LindungiHutan (Sumber: LindungiHutan)

PortalMadura.Com – LindungiHutan, startup di bidang lingkungan, menyelenggarakan open house online pada Februari 2024, menegaskan komitmennya pada transparansi. Kegiatan ini diadakan pada Kamis (29/2/2024) dan diikuti oleh berbagai kalangan termasuk perusahaan, UMKM, serta kalangan akademis.

Open House LindungiHutan Tingkatkan Transparansi
Miftachur Robani (Pimpinan LindungiHutan) saat Open House LindungiHutan (Sumber: LindungiHutan)

Miftachur Robani, CEO LindungiHutan, menjelaskan bahwa kegiatan open house ini adalah cara mereka memperlihatkan nilai transparansi kepada publik, yang penting untuk membangun kepercayaan terhadap LindungiHutan.

“Kami mengedepankan lima nilai inti: mudah, transparan, berkelanjutan, fleksibel, dan inklusif. Dalam open house ini, kami fokus pada nilai ‘transparan'. Kami ingin masyarakat lebih mengerti tentang kegiatan kami di LindungiHutan,” tutur Ben.

Dalam acara bertema “Refleksi 2023 dan Rencana untuk Indonesia Hijau”, LindungiHutan membagikan pencapaian dan dampak positif dari kegiatan mereka sepanjang tahun 2023. Sejak berdiri pada tahun 2016, startup ini telah menunjukkan dedikasinya dalam upaya pelestarian lingkungan.

Product Manager, Alma Cantika Aristia, menyampaikan kegiatan LindungiHutan sepanjang 2023 dan dampak yang tersaji dalam Annual Report LindungiHutan 2023.

“Tahun 2023, kami ada 358 kampanye alam dan sudah mengumpulkan 181.176 yang ditanam di 50 titik di Indonesia. Donasi yang kita kumpulkan dari kerja sama dengan korporasi, brand lokal, donatur sekitar 5,8 milyar. Lebih dari 5.000 donatur, 2.000 lebih orang yang terlibat, 261 campaigner, 83 mitra hijau, dan memberdayakan sekitar 47 kelompok di sekitar hutan,” ujar Alma.

Open House LindungiHutan Tingkatkan Transparansi
Alma Cantika Aristia (Manajer Produk LindungiHutan) di Open House LindungiHutan (Sumber: LindungiHutan)

Salah satu LindungiHutan pada tahun 2023 adalah pemanfaatan karbon biru di Kabupaten Cilacap. Dalam proyek tersebut, LindungiHutan bekerja sama dengan masyarakat sekitar lokasi kegiatan.

“Kami sedang mengembangkan sebuah projek karbon di Cilacap, Jawa Tengah. Kami bermitra dengan masyarakat sekitar lokasi. Kami dirikan kelompok dan koperasi agar masyarakat bisa menjaga ekosistem hutan mangrove agar tetap lestari dan mendapat dampak secara ekonomi melalui skema carbon credit,” ucap Alma.

Ben juga mengungkap bahwa LindungiHutan mengambil peran untuk turut serta dalam menjaga kelestarian bumi dan ingin menumbuhkan rasa kesadaran pada sekitar kepada semua orang.

“Semua orang punya peran untuk menjaga bumi dan LindungiHutan datang dengan peran itu. Kami ingin bagikan juga peran kepada semua orang. Jika memang orang tersebut belum memiliki minat bisa ikuti LindungiHutan dulu, kalau punya bisa berdonasi pohon. Misalkan datang dari perusahaan tentu saja bisa kolaborasi dengan kami,” ucap Ben.

Menurutnya, acara open house ini menjadi komitmen dari LindungiHutan untuk senantiasa memegang nilai transparan yang dapat dijangkau oleh masyarakat secara luas.

“Ini mungkin akan menjadi komitmen bulanan kami dengan tema dan segala macamnya diatur tapi fokus kami memang berusaha untuk transparan dan dapat dijangkau secara arah, kami mengupayakan dan kepercayaan ini bisa diperlihatkan setiap bulannya,” pungkas Ben.

About LindungiHutan
LindungiHutan adalah start-up lingkungan yang berfokus pada aksi konservasi hutan dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan. Sebanyak 806 ribu pohon telah ditanam bersama 517 brand dan perusahaan. Kami menggandeng masyarakat lokal di 50 lokasi penanaman yang tersebar di Indonesia. Kami menghadirkan beberapa program seperti The Green CSR, Collaboratree dengan skema Product Bundling, Service Bundling dan Project Partner, serta program Carbon Offset.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.