oleh

Opsus Swasembada Pangan, Disperta Sumenep Klaim Sukses Tanam Padi Dilahan Kering

PortalMadura.Com, Sumenep – Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Disperta) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengklaim sudah sukses pengembangkan program operasi khusus (Opsus) swasembada pangan tahun ini dengan bisa menanam padi dilahan kering yakni di Kecamatan Guluk-guluk, Lenteng dan Ganding.

“Untuk mendukung program Opsus swasembada pangan itu kami sudah menanam padi dilahan kering. Dilahan tersebut, biasanya petani hanya menanam padi sekali dalam setahun, tahun ini sudah bisa menanam tiga kali dalam setahun,” ungkap Kepala Disperta Sumenep, Bambang Herianto, Senin (29/8/2016).

Menurut Bambang, sampai tahun ini, total lahan karing yang ditanami padi seluas 80 hektar, karena tahun ini ada penambahan 40 hektar lagi yang tersebar ditiga kecamatan itu.

“Tentunya, penanaman padi dilahan kering itu harus didukung oleh beberapa hal, diantaranya petani semangat menanam, ada alat seperti hand tractor dan pompa air,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Bambang, bibit padi yang ditanam harus sesuai dengan struktur lahan kering, seperti varietas situ pagendit dan inpare 13.

“Selama ini indeks pertanaman kita hanya dua kali dalam setahun, tapi ini sudah tiga kali dalam setahun,” tukasnya. (arifin/choir)



Komentar