Optimalisasi Penjualan Online di Bulan Ramadan 2024

Avatar of hartono
Optimalisasi Penjualan Online di Bulan Ramadan 2024
Potret Dua Wanita Sedang Belanja Online (Sumber : PT Transcosmos Commerce)

PortalMadura.Com – Transcosmos Commerce memberikan wawasan tentang tren belanja Ramadan serta strategi untuk para e-commerce guna meningkatkan penjualan selama bulan suci ini (Jakarta, 5 Maret 2024).

Di Indonesia, negara dengan jumlah umat Muslim terbanyak, Ramadan merupakan kesempatan emas untuk meningkatkan aspek spiritual dan ekonomi. Periode ini ditandai dengan lonjakan belanja, terutama menjelang Lebaran, karena tradisi berbagi dan menjalin silaturahmi yang meningkatkan kebutuhan konsumsi.

Pelaku bisnis memiliki peluang besar untuk memanfaatkan Ramadan dalam menggenjot penjualan. Berdasarkan data dari The Trade Desk, sebanyak 88% penduduk Indonesia berencana belanja di Ramadan 2024, dengan lebih dari setengahnya (53%) berencana menggunakan tunjangan hari raya (THR) untuk berbelanja ketimbang menabung. Kebiasaan konsumen dalam melakukan riset belanja online umumnya dimulai sebulan sebelum Ramadan, mencapai puncaknya sekitar 7-10 hari sebelum Idul Fitri, bertepatan dengan penerimaan THR.

Data dari Transcosmos Commerce menunjukkan peningkatan penjualan sebesar 20% selama Ramadan 2023 dibandingkan bulan sebelumnya, menegaskan pentingnya periode ini bagi pelaku bisnis. CEO Transcosmos Commerce, Naoto Osada, menekankan tren penjualan positif selama Ramadan dan komitmen mereka untuk mendukung klien dalam mencapai target penjualan dengan strategi yang efektif selama bulan suci.

Untuk itu, Transcosmos Commerce membagikan beberapa tips yang berguna bagi pelaku bisnis untuk memanfaatkan momen Ramadan.

1. Memanfaatkan waktu prime time di jam sahur dan buka puasa

Hanya pada bulan Ramadan masyarakat akan memiliki perubahan kebiasaan dalam beraktivitas yakni di jam Sahur sekitar pukul 03:00-05:00 dan buka puasa sekitar pukul 18:00-20:00. Pada jam ini penggunaan gadget dan internet akan lebih tinggi dari biasanya. Anda dapat memanfaatkan momen ini untuk memberikan penawaran terbaik yang Anda miliki berupa flash sale misalnya.

2. Menerapkan taktik dynamic pricing

Taktik dynamic pricing pada dasarnya adalah taktik untuk meningkatkan penjualan dengan menerapkan harga yang bervariasi tergantung permintaan yang ada. Contohnya ketika permintaan sedang tinggi di jelang Lebaran, Anda dapat menerapkan harga lebih tinggi ketimbang pada awal Ramadan ketika permintaan belum melonjak. Dengan menerapkan taktik harga yang bervariasi, Anda dapat meningkatkan pendapat lebih tinggi lagi.

3. Memberikan penawaran paket promosi dengan tema Ramadan

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa masyarakat Indonesia sangat suka diskon dan promo. Momen ini menjadi penting bagi Anda memberikan jenis-jenis promosi yang beragam seperti pembelian secara bundle, promo cashback, buy 1 get 1, flash sale, dan masih banyak lainnya. Semakin beragam dan tinggi promosi yang Anda berikan, maka akan semakin menarik bagi calon konsumen.

4. Menargetkan konsumen perempuan milenial

Peran sangat berpengaruh pada proses penentuan pembelian terutama di rumah tangga. Riset menunjukkan bahwa perempuan milenial diperkirakan akan mengeluarkan lebih banyak dibanding populasi umum selama Ramadan mendatang.

Optimalisasi Penjualan Online di Bulan Ramadan 2024
Persentase Tren Kategori Saat Ramadhan (Sumber : PT Transcosmos Commerce)

Secara khusus, demografi ini diperkirakan akan mengeluarkan lebih banyak dalam kategori Makeup dan Parfum (49 persen), Kesehatan dan Perawatan Pribadi (52 persen), serta Pakaian dan Aksesori (61 persen). Jika Anda memiliki produk atau layanan pada kategori tersebut, maka Anda perlu lebih memperhatikan segmen demografi ini untuk meningkatkan penjualan Anda.

Itulah tips yang dapat Anda coba selama bulan Ramadan. “Evektivitas penjualan selama Ramadan sangat bergantung bagaimana Anda memahami kebiasaan konsumen dan menerapkan strategi serta taktik yang tepat untuk memberikan pengalaman berbelanja online yang berkualitas. Maka dari itu penting bagi para pelaku bisnis untuk berkonsultasi dengan pakar di bidang e-commerce demi mencapai kesuksesan jangka panjang” tutup Osada.

About PT Transcosmos Commerce
Transcosmos Commerce – Quality Driven E-Commerce Solution

Transcosmos Commerce bagian dari Transcosmos Group, yang berpusat di Tokyo, Jepang dan tersebar ke lebih 29 negara. Transcosmos Commerce salah satu Ecommerce Enabler terkemuka yang beroperasi di Indonesia mendukung klien untuk memperluas dan mempercepat pertumbuhan penjualan online mereka. Sebagai Mitra Transformasi Digital Global, kami terbukti memberikan solusi dan strategi yang komprehensif.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.