Orang Tua, Begini 5 Cara Agar Anak Anda Tak Hamil di Luar Nikah

Avatar of PortalMadura.Com
Orang Tua, Begini 5 Cara Agar Anak Anda Tak Hamil di Luar Nikah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pergaulan dan gaya hidup sekarang sangat memprihatinkan. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan peran dalam mendidik dan membentuk karakter mereka apalagi dalam masa transisi menuju usia dewasa.

Orang tua wajib mengajarkan serta memberi pengarahan pada anak remaja yang mulai mengenal lawan jenis. Karen hal ini rentan dengan maraknya kasus kehamilan yang dialami oleh para remaja di luar nikah. Kemudian disertai dengan banyaknya kasus aborsi menunjukkan bahwa mereka belum benar-benar matang secara lahir batin.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, perlu usaha dari orang tua dalam memberi pemahaman yang benar kepada anak-anak remaja agar betul-betul menjaga perilaku dalam bergaul dengan lawan jenis, usaha tersebut di antaranya ialah:

Meningkatkan Keimanan Anak-anak Remaja
Para orang tua perlu menjadi suri teladan bagi anak-anaknya dalam meningkatkan keimanan, dengan keimanan yang kuat terbukti ampuh menghindarkan seseorang dari hal-hal buruk yang akan terjadi.

Mengasihi Pasangan Anda
Orang tua perlu memberi contoh kepada anak-anak remaja dalam mengasihi pasangan. Kasihilah istri atau suami Anda dengan sepenuh hati, pertikaian dalam bentuk apa pun dalam rumah tangga harus bisa dihindari, ketika anak-anak Anda melihat Anda sangat mengasihi pasangan Anda mereka akan belajar untuk mengasihi calon pasangan mereka.

Rekan Anda Bukanlah Sebagai Obyek Pelampiasan Nafsu
Rekan atau pacar Anda bukanlah obyek untuk melampiaskan nafsu. Setiap orang diwajibkan oleh Tuhan untuk hidup berpasang-pasangan, ketika pada taraf berpacaran seorang remaja perlu diingatkan bahwa rekan mereka adalah calon pendamping hidup mereka kelak, mereka perlu untuk menghargai dan menghormatinya sebagai rekan yang sepadan.

Seks Adalah Sakral
Para remaja perlu memahami bahwa seks adalah sakral dan hanya boleh dilakukan oleh suami-istri yang sudah disahkan secara hukum dan agama.

Memberi Kesibukan Kepada Anak-anak Anda
Ada banyak waktu luang yang dimiliki oleh para remaja seusai sekolah, dengan memberikan kesibukan baik di dalam rumah atau mengikutsertakannya dalam kegiatan di luar rumah yang positif seperti klub olahraga, musik dan lain sebagainya akan membantu mereka menyalurkan hasrat dan minatnya.

Seorang remaja yang berhasil melewati masa transisi menuju ke kedewasaan yang matang memerlukan bantuan dari orang-orang terdekat yang dikasihinya.

Orang tua adalah orang terdekat itu, bantu putra dan putri Anda memahami bahwa mereka sedang disiapkan dan diharapkan dapat menjadi orang tua-orang tua yang bertanggung jawab suatu hari nanti. (keluarga.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.